Genjot Kapasitas SDM, BKPSDM Kabupaten Serang Targetkan 5.000 Pegawai Pemkab Serang Ikuti Diklat 2023 Ini

Date:

Genjot kapasitas SDM, BKPSDM Kabupaten Serang Targetkan 5.000 Pegawai Pemkab Serang Ikuti Diklat pada 2023 ini. (FOTO: Istimewa)

Berita Serang – Untuk menggenjot kapasitas sumber daya manusia (SDM) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BKPSDM Kabupaten Serang menargetkan 5.000 pegawai Pemkab Serang mengikuti pendidikat dan latihan (Diklat) pada 2023 ini.

Menurut Kepala BKPSDM Kabupaten Serang, Surtaman, saat ini BKPSDM Kabupaten Serang tengah gencar meningkatkan penilaian kinerja pegawai, supaya SDM Pemkab Serang dapat lebih profesional.

“Tahun ini BKPSDM Kabupaten Serang menargetkan penilaian kinerja seluruh pegawai minimal kategori baik,” kata Suratman dalam keterangannya, Kamis, 20 Juli 2023.

Dalam meningkatkan penilaian kinerja itu, lanjutnya, pihaknya melakukan evaluasi secara melekat kepada pegawai. Baik itu melalui laporan kinerja harian, laporan kinerja bulanan, hingga evaluasi perjanjian kerja. Semua itu, dilakukan secara elektronik.

“Untuk meningkatkan kapasitas pegawai, BKPSDM juga menargetkan tahun ini minimal 5.000 pegawai mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat),” ungkapnya.

Suratman menjelaskan, jika hanya mengandalkan APBD Kabupaten Serang, maka tidak mungkin 5.000 pegawai dapat mengikuti diklat dalam satu tahun. Sehingga, BKPSDM melakukan berbagai inovasi untuk mencukupinya.

“BKPSDM mengakses diklat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Pusat. Sehingga ketika ada informasi Diklat, BKPSDM merekomendasikan pegawai Pemkab Serang untuk mengikutinya,” jelasnya.

Seperti Diklat BKPSDM Provinsi Banten, minimal 100 pegawai Pemkab Serang diikutsertakan.

“Karena anggaran kita terbatas, sementara pegawai harus berkompetensi, maka kita akses diklat yang diselenggarakan oleh provinsi dan pusat,” ujarnya.

Dikatakan Surtaman, pada 2022 ada sebanyak 4.000 pegawai yang mengikuti diklat. 500 pegawai di antaranya bersumber dari APBD Kabupaten Serang sementara 3.500 lainnya bersumber dari non APBD Kabupaten Serang. (ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...