Pesan Kebangkitkan Ekonomi dari Pesta Rakyat Cibaliung yang Kembali Digelar Tahun Ini

Date:

Salah satu poster kegiatan Pesta Rakyat Cibaliung. Ada pesan kebangkitkan ekonomi dari Pesta Rakyat Cibaliung yang kembali digelar 2022 ini. (Istimewa)

Pandeglang – Festival tahunan Pesta Rakyat Cibaliung (PRC), Kabupaten Pandeglang, Banten, kembali digelar tahun ini. Agenda rutin tiap menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia ini sempat vakum karena Covid-19.

Ketua Pelaksana PRC Iwan Setiawan mengatakan, agenda rutin ini sudah lama dinanti oleh masyarakat Cibaliung. Sehingga terjadi pelonggaran Covid-19, masyarakat berinisiatif untuk kembali menggelar PRC.

“Alhamdulillah tahun ini Pesta Rakyat Cibaliung kembali digelar berdasarkan semangat dari masyarakat yang ingin merayakan hari kemerdekaan,” kata Iwan kepada BantenHits.com, Minggu 24 Juli 2022.

Iwan mengatakan rangkaian PRC sudah dimulai sejak 20 Juli 2022, melalui tournamen sepak bola. Kata dia, setap rangkaian PRC tetap menerapkan protokol kesehatan, bahkan dilokasi PRC, yakni alun-alun Kecamatan Cibaliung disiapkan gerai vaksinasi.

“InsyaAllah pelaksananya satu bulan full, kita tetap terapkan protokol kesehatan, karena biar bagaimana pun Covid-19 ini masih ada,” ujarnya.

Para aparatur berfoto bersama di belakang spanduk kegiatan Pesta Rakyat Cibaliung. (Istimewa)

Ajang Kebangkitan Ekonomi

Iwan meyakini, Pesta Rakyat Cibaliung menjadi ajang kembangkitan ekonomi masyarakat. Sebab, saat ini juga sudah ada ratusan warga yang mendirikan stand untuk berjualan di sekitar alun-alun Cibaliung.

“Saat ini sudah ada sekitar 100 pedagang yang berjualan, jualanya bervariasi, ada yang jualan kopi, gorengan hingga bakso. Kalau tahun kemarin biasanya tanggal 10 Agustus banyak pedagang dari luar daerah juga, nah kita akan fasilitasi para pedagang ini,” ungkapnya.

Sedangkan untuk rangkaian kegiatan di PRC dimulai dari, Sepak Bola, Bola Voli, Lomba Qosidah, Jalan rakyat djarum coklat, Lomba gerak jalan, Pentas seni, Pagelaran wayang golek, dan Tabligh akbar.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...