Wah Gawat! 418 Jembatan di Pandeglang Dalam Kondisi Rusak

Date:

DPUPR mendata ada 418 jembatan rusak di Pandeglang. Foto: ilustrasi jembatan rusak di Kabupaten Pandeglang. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Ratusan jembatan di Kabupaten Pandeglang, Banten dalam kondisi rusak. Tercatat ada 418 jembatan mengalami rusak berat, ringan dan sedang.

Dari data Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Pandeglang, total jembatan ada 420 dengan rincian rusak ringan 60 persen, sedang 3,4 persen, berat 35 persen dan kondisi baik 1,13 persen.

“Ini menjadi PR pemerintah daerah katena memang ada sekitar 418 jembatan yang mengalami rusak, mulai dari ringan, sedang dan berat,” kata Sekdis PUPR Pandeglang, Bayu Daniswara, Senin 25 Juli 2022.

Bayu menjelaskan, kebutuhan anggaran untuk perbaikan jembatan menjadi kondisi baik sangat tinggi. Jika sepenuhnya dibebankan ke APBD Pandeglang tidak akan cukup dalam waktu 3-5 tahun.

“Makanya kami setiap tahun terus meminta bantuan ke Pemprov Banten dan pemerintah pusat untuk perbaikan jembatan ini,” ujarnya.

Sedangkan DPUPR berupaya untuk melakukan rehabilisasi jembatan-jembatan yang mengalami kerusakan berat, itu juga ada yang menjadi prioritas dan non prioritas. Mengingat Pemkab Pandeglang keterbatasan anggaran.

“Untuk rehab yang rusak berat dulu, tapi ada yang prioritas dan enggak. Misal jembatan penghubung antara kampung yang banyak penduduknya, itu yang prioriras dulu,” tutupnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related