Kelurahan Cisauk Masuk Lima Besar Desa/Kelurahan Terbaik se-Jawa Bali Diharapkan Jadi Inspirasi

Date:

Pj Gubernur Banten, Al Muktabar berharap Kelurahan Cisauk yang masuk nominasi lima besar kelurahan dan desa terbaik se-Jawa Bali mampu menginspirasi kelurahan dan desa di Banten. (FOTO: bantenprov.go.id)

Berita Tangerang – Kelurahan Cisauk, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten masuk nominasi lima terbaik pada lomba desa dan kelurahan tingkat regional II (Jawa dan Bali) tahun 2023 yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Bahkan untuk melengkapi tahapan penilaian pada fase berikutnya, Tim Kemendagri telah melakukan klarifikasi lapangan di Kelurahan Cisauk, Jumat, 28 Juli 2023.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar berharap, pencapaian yang diperoleh Kelurahan Cisauk dapat menginspirasi bagi kelurahan dan desa lainnya di Banten sehingga dapat meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita terus menggiatkan apa-apa yang disebut dengan Pemerintah hadir dalam rangka memberikan pelayanan, ini juga sebagai ikhtiar kita, sebagai bagian dari kesejahteraan masyarakat,” kata Al Muktabar melalui keterangan resmi.

Al Muktabar berharap, Kelurahan Cisauk sebagai perwakilan dari Provinsi Banten yang telah masuk lima besar, pada tahapan selanjutnya mampu masuk dalam tiga besar.

“Alhamdulillah Kelurahan Cisauk ini telah memasuki lima besar, Kelurahan ini yang kita ajukan ke Nasional sebagai Kelurahan terbaik tingkat Provinsi,” ungkapnya.

“Dan ini masih ada dua tahap lagi, kita mohon doa semoga masuk tiga besar,” sambungnya.

Diikuti 2.879 Desa dan Kelurahan

Kepala Subdir Kemendagri, Nana Wahyudi menyebutkan, Kelurahan Cisauk menjadi salah satu yang terbaik dari total 2.879 desa dan kelurahan yang mengikuti lomba.

“Kelurahan Cisauk berhasil menjadi salah satu yang terbaik diantara 2.879 Kelurahan yang ada di wilayah Regional II. Semua ini berkat kerja keras Pemerintah Kelurahan, Pemerintah Kecamatan Pemerintah Provinsi, masyarakat serta pihak lainnya,” kata Nana Wahyudi melalui laman resmi Pemkab Tangerang.

Diketahui Kemendagri mengadakan Lomba Desa dan Kelurahan sebagai salah satu bentuk evaluasi dan penilaian perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan.

Lomba ini menitikberatkan poin inovasi pada tata kelola penyelenggaraan pemerintahan, pemanfataan potensi dan sumber daya yang dimiliki, pelayanan publik, dukungan dalam pemulihan ekonomi, dan penanganan dinamika sosial menyambut perhelatan Pemilu serentak 2024.

“Penilaian Lomba dilaksanakan melalui tahapan penilaian administrasi, klarifikasi lapangan pemaparan calon juara lomba dan tahapan penetapan juara,” jelas Nana.

Menurut dia, klarifikasi di Kelurahan Cisauk merupakan tahapan untuk menilai kesesuaian data dan informasi berdasarkan dokumen hasil penilaian administrasi, dan hasil pemaparan dengan kondisi riil di lapangan.

“Semoga pelaksanaan klarifikasi ini bisa berjalan lancar, para pihak yang terkait dapat memberikan informasi sejelas- jelasnya terkait apa yang ditanyakan oleh tim,” ungkapnya.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar berharap, Kelurahan Cisauk menjadi role model untuk seluruh kelurahan di Kabupaten Tangerang dan Banten.

“Tentu saja kita berharap Kelurahan Cisauk ini bisa melaju ke tahap selanjutnya yaitu menuju ke tahap tiga besar. Mudah-mudahan Kelurahan Cisauk ini bisa menjadi role model untuk seluruh kelurahan yang ada di Kabupaten Tangerang dan Banten,” ungkap Zaki saat mendampingi Pj Gubernur Banten Al Muktabar menerima Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Kelurahan Tingkat Regional II di Kelurahan Cisauk, Kecamatan Cisauk.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...