Bank Sampah Asyifa Berkah di Desa Pete Tigaraksa Jadi Wakil Banten pada Lomba Program Kampung Iklim

Date:


Tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) saat melakukan verifikasi lapangan ke Bank Sampah Asyifa Berkah di RW 05, Desa Pete, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Jumat, 4 Agustus 2023. Bank Sampah Asyifa Berkah menjadi menjadi wakil Provinsi Banten pada Lomba Program Kampung Iklim KLHK tingkat Nasional.(FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Tangerang – Bank Sampah Asyifa Berkah yang berlokasi di RW 05, Desa Pete, Kecamatan Tigraksa, Kabupaten Tangerang tampil menjadi wakil Provinsi Banten pada Lomba Program Kampung Iklim atau Proklim tingkat nasional yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pmkab Tangerang, hingga Jumat, 4 Agustus 2023, lomba tersebut sudah memasuki tahap verifikasi. Dalam tahap ini, Tim dari KLHK melakukan verifikasi lokasi untuk melakukan penilaian terhadap adaptasi dan mitigasi masyarakat berupa perubahan gaya hidup dalam mengurangi gas emisi rumah kaca untuk menurunkan suhu bumi 2 derajat.

Penilaian lainnya adalah program kegiatan masyarakat setempat yang meliputi pengadaan bank sampah serta membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT).

Proklim merupakan program berlingkup nasional yang dikelola KLHK dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat untuk meningkatkan ketahanan iklim dan menurunkan emisi atau meningkatkan serapan gas rumah kaca (GRK). Selain itu, memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan dan dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Pembinaan sejak 2012

Ketua Forum Bank Sampah Kabupaten Tangerang, Susiyanti mengungkapkan, Bank Sampah Asyifa Berkah yang berada di RW 05 Desa Pete terpilih menjadi titik penilaian Proklim karena sudah mendapatkan pembinaan sejak 2012 dan pada tahun 2018 mendapatkan predikat proklim Utama.

“Untuk bank sampah yang ada di RW 05 Desa Pete ini berdiri sejak 2015 dan sebelumnya diberikan pembinaan dari tahun 2012, sampai saat ini sudah ada 14 bank sampah yang telah beroperasi dan berhasil terpilih menjadi titik penilaian untuk mendapatkan predikat Proklim Lestari,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik mengatakan, kegiatan ini bukan sekadar perlombaan melainkan peran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan hidup.

“Kegiatan ini melibatkan seluruh komponen masyarakat maka Pemerintah memberikan kesempatan untuk masyarakat dalam membangun lingkungan sekitar agar terasa nyaman terutama kebersihan lingkungan, maka selanjutnya pemerintah yang akan memfasilitasi berupa pembinaan dan sosialisasi,” ujarnya.

Achmad Taufik berharap, kegiatan yang dilakukan masyarakat RW 05 Desa Pete bisa tersebar ke berbagai desa di Kabupaten Tangerang agar masyarakat peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Saya berharap masyarakat bisa bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih dan asri sehingga mereka semua bisa nyaman untuk tinggal disini dan dampak positifnya mereka akan terus sehat jika selalu menjaga kebersihan,” harapnya.

Sebagai informasi perlombaan tersebut telah memasuki tahap kedua yang di mana terdapat lima provinsi yang terpilih salah satunya yaitu Provinsi Banten yang diwakili oleh RW 05 Desa Pete. Untuk tahapan Proklim yaitu Tahapan Proklim Pratama, Proklim Madya, Proklim Utama dan Proklim Lestari.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Al Muktabar Ingin Gen Z di Banten Produktif dan Visioner, Bagaimana Caranya?

Berita Banten - Generasi Z alias Gen Z di...

Sah! Azizan-Yulli Kang Nong Kabupaten Serang 2024, Ini Susunan Lengkap Pasangan Pemenang

Berita Serang - Pasangan Rizky Azizan Ghofur (Azizan) dan...

Ssttt.. Kawasan Kuliner Parlan Alun-alun Ahmad Yani Bakal Booming, Pj Wali Kota Sudah Kasih Testimoni

Berita Tangerang - Kota Tangerang dikenal sebagai pusatnya kuliner....