Jumlah Mahasiswanya Anjlok, Rektor UMT Sebut Perguruan Tinggi Negeri Serakah

Date:

Rektor UMT, Ahmad Amrullah saat menggelar Sidang Senat Terbuka Pengukuhan Mahasiswa Baru, Masta & Propesa Tahun Akademi 2023/2024, di Gedung Tangerang Convention Center (TCC), Kelurahan  Cimone Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Minggu, 27 Agustus 2023.(BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Berita Tangerang – Jumlah mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Tangerang atau UMT pada 2023 ini anjlok alias turun signifikan. Fenomena ini dirasakan merata secara nasional oleh perguruan tinggi swasta di Indonesia.

Rektor UMT, Ahmad Amrullah menyebut, penurunan jumlah mahasiswa disebabkan perguruan tinggi negeri (PTN) yang melakukan tes mahasiswa hingga berjilid jilid sampai dengan melakukan tes mandiri dan lain sebagainya.

Hal tersebut disampaikan Amrullah usai menggelar Sidang Senat Terbuka Pengukuhan Mahasiswa Baru, Masta & Propesa Tahun Akademi 2023/2024, di Gedung Tangerang Convention Center (TCC), Kelurahan  Cimone Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Minggu, 27 Agustus 2023.

“Saya tegaskan penurunan mahasiswa baru akibat serakahnya universitas Negeri membuat universitas swasta mengalami penurunan asupan mahasiswa baru,” kata Amrullah.

Penurunan jumlah mahasiswa di perguruan tinggi swasta, lanjutnya, harus menjadi perhatian pemerintah sehingga perguruan tinggi swasta yang mengelola dengan dana tanpa didukung oleh anggaran negara tapi bersemangat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Harusnya pemerintah memberikan apresiasi terhadap pengelolaan perguruan tinggi swasta. Kita berharap ke depannya kalau bisa perguruan tinggi harus proposional lah jangan semua direkrut ke perguruan tinggi yang pada akhirnya partisipasi masyarakat menjadi berkurang dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” tegasnya.

2.175 Mahasiswa Baru Dikukuhkan

UMT menggelar Sidang Senat Terbuka Pengukuhan Mahasiswa Baru, Masta & Propesa Tahun Akademi 2023/2024, di Gedung Tangerang Convention Center (TCC), Kelurahan  Cimone Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Minggu, 27 Agustus 2023.(BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Amrullah menjelaskan, dalam kegiatan tersebut pihaknya mengukuhkan sebanyak 2.175 dari 2.865 mahasiswa UMT. Meski demikian pihaknya masih membuka pendaftaran di semua fakultas yang ada.

“Kita targetkan 3.500 mahasiswa baru pada tahun 2023 ini. Karena kita juga masih membuka pendaftaran dalam waktu beberapa hari ke depan,” ucapnya.

Menurut Amrullah, kegiatan yang digelar UMT ini merupakan kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru. Mereka nantinya akan memiliki sertifikat untuk dijadikan salah satu portofolio untuk mereka mengikuti tahapan akhir studinya.

“Jadi kalu mereka mau skripsi, sidang skripsi harus melampirkan salahsatunya kegiatan ini ditambah kegiatan lainya seperti seminar dan seterusnya. Jadi ini sangat penting, kalu tidak ikut mahasiswa harus mengikuti tahun depan misalnya mereka mendaftarnya setelah kegiatan ini jadi di semester 3 mereka harus ikut dengan mahasiswa baru karena itu wajib,” terangnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...