Pasar Anyar Adalah Ikon Kota Tangerang! Demi Pedagang dan Warga, Please Jangan Dibiarkan Kumuh dan Tak Nyaman!

Date:

Kondisi Pasar Anyar Kota Tangerang yang kumuh dan semrawut dikeluhkan pedagang. Mereka meminta Pasar Anyar direvitalisasi sehingga menjadi bersih, nyaman dan kekinian. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Sejumlah pedagang di Pasar Anyar, Kota Tangerang kompak mengeluhkan kondisi Pasar Anyar yang semrawut, sehingga berdampak pada menurunnya penghasilan mereka.

Padahal, para konsumen masa kini mendambakan pasar yang bersih, nyaman dan bernuansa kekinian. Sehingga, dengan konsep pasar bersih dan sehat, konsumen akan merasa lebih senang dan betah berlama-lama di dalam pasar.

“Sebagai salah satu ikon kebanggaan Kota Tangerang, terlebih dengan kondisi yang kumuh dan tak nyaman saat ini. Buat saya, sebagai pedagang renovasi memang kebutuhan mendesak yang perlu dilakukan pada Pasar Anyar Tangerang. Salah satunya demi keberlangsungan kami juga para pedagang,” kata Firman, salah seorang pedagang di Pasar Anyar seperti dilansir laman resmi Pemkot Tangerang.

Menurut Firman, kualitas bangunan Pasar Anyar Tangerang yang semakin menurun, banyak memberikan dampak buruk bagi pedagang, terutama sepinya pengunjung pada pedagang produk kering, seperti fashion, emas, dan lainnya.

“Dengan kondisi Pasar Anyar Tangerang saat ini, jangankan berlama-lama berbelanja, semerawutnya area parkir saja sudah menjadi faktor malasnya konsumen untuk datang,” jelas Firman.

Kumuh dan Rusak

Pasar Anyar Tangerang sempat berada di masa kejayaan sebagai pusat perekonomian di Kota Tangerang pada dekade 1990-an hingga awal 2000-an. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, bangunan Pasar Anyar Tangerang pun kini telah termakan usia.

Tidak pernah mengalami renovasi yang besar, Pasar Anyar Tangerang saat ini mengalami banyak kerusakan fisik. Seperti keramik lantai terangkat, cat mengelupas, atap bolong, lampu utama yang mati, serta banyaknya kios yang kurang rapih.

Kesan kumuh pun melekat pada Pasar Anyar. Kondisi ini terutama dikeluhkan para pedagang pakaian, perhiasan, aksesoris, dan lainnya. Mereka mengaku mengalami penurunan pembeli karena kondisi pasar yang kurang nyaman, bersih dan kekinian.

Direktur Perumda Pasar, Kota Tangerang, Titien Mulyati mengungkapkan, saat ini Perumda Pasar Kota Tangerang dan jajaran Pemkot Tangerang tengah terus melakukan sosialisasi kepada seluruh pedagang dan lingkungan sekitar Pasar Anyar Tangerang, terkait proyek revitalisasi Pasar Anyar Tangerang oleh Kementerian PUPR yang akan dilaksanakan September 2023 ini.

“Proses revitalisasi yang dimulai dengan pengosongan dan relokasi akan dilakukan secara bertahap. Dimulai dengan sosialisasi dan Kementerian PUPR pada tahap pelelangan. Kementerian PUPR pun menargetkan revitalisasi Pasar Anyar Tangerang akan rampung dengan cepat tak memakan waktu lama dan Pasar Anyar Tangerang bisa Kembali beroperasi seperti biasanya,” jelas Titien.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...