Orang Tangerang Pasti Paham Istilah ‘Tak Ada Kecap Nomor 2’, Kalau Kopi Gimana?

Date:

Merek Kopi SH muncul perdana di Trade Expo Indonesia ke-38 yang berlangsung mulai 18 – 22 Oktober 2023, di Indonesia Convention Center (ICE), BSD, Kabupaten Tangerang. Pemilik Kopi SH mengaku terinspirasi dari merek Kecap SH yang ikonik dan lgendaris di Tangerang.(FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Kecap tak bisa lepas dari Tangerang. Karena di Tangerang -lah muncul merek-merek kecap yang ikonik dan legendaris, bahkan hingga saat ini di usianya yang 136 tahun masih tetap eksis.

Beberapa mereka kecap legendaris asal Tangerang di antaranya, Kecap Benteng bermerek Teng Giok Seng yang mulai memproduksi sejak 1882. Merek lainnya adalah Kecap Siong Hin. Kedua merek kecap ini hingga saat ini masih bisa ditemui di Tangerang.

Saking melegendanya kecap, Orang Benteng–sebutan kedaerahan bagi warga Tangerang–kerap menggunakan istilah ‘tak ada kecap nomor 2’ untuk meyakinkan tentang keunggulan sesuatu. Istilah ini sudah familiar di kalangan warga KotaTangerang.

Konon, istilah tersebut pertama kali muncul kala gencarnya persaingan pemasaran kecap. Salah satu pabrik kecap yang berada di Jalan Benteng Nomor 1, kemudian melontarkan ungkapan “tak ada kecap nomor 2, yang ada nomor 1”, merujuk kepada nomor rumah yang menjadi pabrik kecap. Istiah ini kemudian populer tak hanya pada dunia kecap, melainkan untuk meyakinkan urusan lainnya.

Muncul Kopi SH

Lepas dari pembahasan kecap dan segala hal yang menyertainya, ada sesuatu yang menarik muncul di Trade Expo Indonesia ke-38 yang berlangsung mulai 18 – 22 Oktober 2023, di Indonesia Convention Center (ICE), BSD, Kabupaten Tangerang.

Sesuatu yang menarik itu hadir di booth pameran milik Pemkot Tangerang. Di tempat ini sejumlah UMKM terbaik asal Kota Tangerang di bidang kriya, konveksi hingga makanan, ikut serta menampilkan produk terbaiknya.

Di antara UMKM yang menampilkan produk terbaiknya, ada satu produk yang cukup mencuri perhatian, yakni Kopi SH yang merupakan produk terbaru dari UMKM Cahaya Aroma Inti asal Kecamatan Neglasari.

Perwakilan UMKM Cahaya Aroma Inti, Ari, menjelaskan, produk Kopi SH menjadi produk teranyar dan baru pertama diperkenalkan kepada masyarakat luas di event Trade Expo Indonesia.

“Sebelumnya kami menjual produk kopi tapi belum memiliki merek, dan sekarang setelah dijual kepada masyarakat dengan merek Kopi SH,” terang Ari, yang ditemui di booth Kota Tangerang dalam acara Trade Expo Indonesia ke-38, Rabu, 18 Oktober 2023 dikutip BantenHIts.com dari laman resmi Pemkot Tangerang.

Ari, juga bercerita tentang cerita dipilihnya nama Kopi SH untuk produk kopi terbarunya lantaran SH telah lama melekat di pikiran masyarakat dan juga menjadi salah satu nama yang kental dengan identitas Kota Tangerang.

“Namanya terinspirasi dari kecap SH yang terkenal sebagai produk asal Kota Tangerang, jadi kita namai Kopi SH supaya bisa jadi kopi yang khas Kota Tangerang,” bebernya.

Nah, buat yang penasaran dengan Kopi SH, silakan Anda telusuri kanal-kanal pemasaran milik mereka ya! Semoga saja Kopi SH bisa melegenda seperti Kecap SH.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....