Waduk Karian Siap Beroperasi Jadi Pengendali Banjir, Penyuplai Air Irigasi hingga Kebutuhan Industri

Date:

Waduk Karian dinyatakan siap beroperasi untuk menjadi pengendali banjir, penyuplai air irigasi pertanian hingga kebutuhan rumah tangga dan industri. FOTO ILUSTRASI: Desain Waduk Karian. (Dok. BBWSC3)

Berita Lebak – Waduk Karian yang telah dibangun sejak 2015 lalu, saat ini telah dinyatakan siap untuk beroperasi. Keberadaan Waduk Karian ini diyakini akan menjadi pengendali banjir di wilayah hulu, hingga menjadi penyuplai air irigasi pertanian dan kebutuhan rumah tangga hingga industri.

Kepastian akan segera beroperasinya Waduk Karian disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar seusai meninjau Bendungan Karian di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Minggu, 3 Desember 2023.

Menurut Al Muktabar, Bendungan atau Waduk Karian adalah Proyek Strategis Nasional yang tidak lama lagi siap diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Saat ini pembangunan Bendungan Karian sudah mencapai 100 persen dan mulai penggenangan.

“Ada beberapa yang kita diskusikan dengan Pj Bupati Lebak dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau – Ciujung – Cidurian dalam rangka lahan. Pada dasarnya langkah-langkah itu sudah terstruktur dan pembiayaannya ada. Yang jelas, semua baik untuk bersama,” kata Al Muktabar dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemprov Banten.

Bendungan Karian untuk wilayah timur untuk mensupport hingga Serpong. Sementara untuk bagian barat untuk memasok Bendung Pamarayan terkait air baku permukaan.

“Bendungan Karian ini strategis sekali,” ungkap Al Muktabar.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar saat meninjau Bendungan Karian di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Minggu, 3 Desember 2023.(FOTO: bantenprov.go.id)

Dijelaskan, pemanfaatan untuk wilayah barat setelah masuk ke Bendung Pamarayan. Mulai dari air baku industri serta irigasi pertanian yang luasnya mencapai 22 ribu hektar. Bendungan Karian juga menjadi pengendali banjir dari daerah hulu.

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Bendungan Karian memiliki kapasitas tampung 314,7 juta m3 dan luas genangan maksimum sebesar 1.740 hektar. Bendungan Karian dapat dimanfaatkan untuk menambah kebutuhan suplesi ke Daerah Irigasi (DI) Ciujung dengan luas 22.000 hektare.

Bendungan Karian memiliki fungsi utama menyuplai air baku untuk kebutuhan rumah-tangga, dan industri di Kabupaten/Kota di Provinsi Banten dan Provinsi DKI Jakarta.

Pembangunan Bendungan Karian dimulai sejak Oktober 2015 dengan anggaran Rp 1,3 triliun dan dikerjakan oleh kontraktor pelaksana Daelim Industrial Co, LTD-PT. Wijaya Karya (Persero), PT. Waskita Karya (Persero) Joint Operation.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...