Pak Prabowo, Urusan ‘Gemoy’ Serahkan ke Gibran! Anda Fokus Jadi Nasionalis yang Usung Pertahanan dan Ketahanan Pangan!

Date:

Bacapres Prabowo Subianto dan Bacawapres Gibran Rakabuming Raka bersama bersama para pendukungnya saat tiba di Gedung KPU,Jakarta, Rabu 25 Oktober 2023. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/ Suara.com)

Berita Pilpres – Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto disarankan kembali fokus menjadi seorang nasonalis yang kerap mengusung isu pertahanan dan ketahanan pangan pada Debat Capres selanjutnya.

Saran tersebut disampaikan Pakar politik dari Universitas Andalas Padang, Asrinaldi. Menurutnya, isu tentang ‘Gemoy’ dan politik gembira biar diperankan Gibran Rakabuming Raka, seaku cawapres Prabowo Subianto.

“Biarlah isu tentang gemoy, tentang politik gembira dikasih kepada Gibran, jangan dicampuradukan,” kata Asrinaldi dikutip suara.com, jaringan BantenHits.com dari Antara, Kamis, 14 Desember 2023.

Prabowo Subianto, lanjutnya, harus kembali kepada jati dirinya sebagai seorang nasionalis yang kerap membawa isu pertahanan dan ketahanan pangan.

Prabowo juga bisa memaparkan soal rencana strategis Indonesia dalam melakukan diplomasi di panggung internasional.

“Hal tersebut lebih mencerminkan jati diri Prabowo sehingga bisa melakukan penjabaran yang baik ketika debat,” paparnya.

Selain itu, Asrinaldi juga memberikan catatan kepada tim debat Prabowo agar lebih memberikan data pendukung agar Menteri Pertahanan RI itu bisa menjabarkan sebuah isu dengan komprehensif.

“Paling tidak timnya bisa mengantisipasi apa pertanyaan-pertanyaan yang strategis yang akan muncul. Nah, barangkali ini yang agak kurang dari tim Prabowo menurut saya,” ucapnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan agenda debat capres-cawapres selama lima kali. Pada Selasa malam, 12 Desember 2023, Debat Capres perdana telah digelar KPU dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Selanjutnya pada Jumat, 22 Desember 2023, KPU akan menggelar debat kedua untuk cawapres dengan Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Setelah itu, debat ketiga untuk capres kembali digelar Minggu, 7 Januari 2024 dengan tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Kemudian debat keempat untuk cawapres digelar Minggu, 21 Januari 2024 dengan tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Rangkaian debat akan ditutup dengan debat kelima untuk capres pada Minggu, 4 Februari 2024 dengan tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....