Tak Perlu Bingung Cukup WA Saja, Limbah B3 di Rumah Warga Kota Tangerang Langsung Diangkut Petugas DLH

Date:

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang meluncurkan e-waste untuk penjemputan limbah B3 dari permukiman warga. (Foto: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Warga Kota Tangerang yang di rumahnya ada limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), tak perlu bingung untuk membuangnya.

Kini Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang telah menginisiasi program penjemputan limbah elektronik atau e-Waste yang mengandung B3 dari permukiman warga. Program jemput sampah B3 ini, selain e-Waste juga menjemput B3 medis rumah tangga dan B3 rumah tangga.

Kepala DLH, Kota Tangerang, Tihar Sopian mengungkapkan program ini dapat diakses dengan melakukan permohonan ke petugas melalui nomor WhatsApp di 0811-1631-631.

“Selain program Jemput Sedekah Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang juga ada program Jemput Sampah B3 e-Waste, B3 medis rumah tangga dan B3 rumah tangga. Karena kalau sembarangan akan sangat berbahaya,” ungkap Tihar, Senin, 22 Januari 2024 dilansir laman resmi Pemkot Tangerang.

Ia pun menjelaskan, yang termasuk dalam limbah B3 e-Waste adalah televisi, kulkas dimensi satu pintu, lampu, batu baterai, kabel, komputer bekas dan handphone bekas. Sedangkan B3 medis rumah tangga ialah botol bekas obat, kemasan obat dan masker bekas dan yang termasuk B3 rumah tangga ialah botol aerosol, kaleng pestisida dan botol pembersih.

“Jadi, ayo masyarakat Kota Tangerang yang di rumahnya memiliki sampah B3 e-Waste, B3 medis rumah tangga dan B3 rumah tangga dengan kriteria tersebut. Bisa langsung melakukan permohonan penjemputan ke petugas DLH Kota Tangerang dengan minimal berat sampah B3 sekitar 2,5 kilogram,” jelas Tihar.

Kata Tihar, layanan tersebut dibuka dengan harapan dapat memperkecil pencemaran lingkungan akibat sampah elektronik yang dibuang sembarangan.

“Dengan itu, diharapkan kepedulian pada lingkungan Kota Tangerang hadir dari semua pihak, elemen dan individu di Kota Tangerang. Masyarakat bisa memanfaatkan keberadaan TPS3R, layanan Sedekah Sampah hingga Jemput Sampah seperti ini,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...