Connect with us

METROPOLITAN

Bea Cukai Soetta Gagalkan Dua Upaya Penyelundupan Narkoba, Salah Satunya Disimpan dalam Pembalut

Published

on

Penyelundupan Narkoba Lewat Bandara Soetta

Dua upaya penyelundupan narkoba jenis sabu dan ekstasi lewat Bandara Soetta digagalkan petugas. (Foto: Hendra Wibisana/Banten Hits)

Tangerang – Upaya penyelundupan narkoba ke Indonesia melali Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang kembali digagalkan petugas Bea Cukai.

Kepala Kantor Bea Cukai Soetta Erwin Situmorang mengatakan, ada dua kasus penyelundupan yang berhasil digagalkan dengan modus berbeda.

Pertama, penyelundupan 1.470 butir pil ekstasi oleh seorang wanita warga negara Malaysia berinisial BSY (27). Diamankan karena kecurigaan petugas, BSY yang tiba di terminal 2D kedapatan menyembunyikan ribuan butir ekstasi dalam pembalut.

“Penumpang ini menyembuyikan pil ekstasi di pembalut yang dipakainya,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Soetta Erwin Situmorang, Kamis (17/5/2018).

BSY diperintahkan untuk membawa ekstasi tersebut ke sebuah hotel di daerah Jakarta Utara. Ketika tiba di hotel yang ditentukan, BSY akan dihubungo oleh seseorang dari Malaysia.

“Tersangka diperintahkan menyimpan barang di kamar hotel dan menyuruh menitipakan kunci kamar ke petugas hotel. Kemudian, tersangka diperintahkan untuk pulang ke Malaysia, setelah kita tunggu tidak ada seorang pun yang mengambil barang itu,” terang Erwin.

Sementara untuk kasus kedua yakni berupa sabu seberat 1.065 gram. Sabu dikirim menggunakan paket kiriman salah satu perusahaan jasa titipan pada Sabtu, 12 Mei 2018.

“Barang ini diketahui atas kecurigaan petugas ketika melakukan pemindaian x-Ray atas sebuah paket kiriman yang berasal dari Lagos, Nigeria. Dilakukan pemeriksaan fisik terhadap 15 gulung benang terdapat narkotika jenis sabu seberat 1.065 gram,” ungkap Erwin.

Untuk penyelidikan lebih lanjut, Bea Cukai berkoordinasi dengan Polrestra Bandara Soetta.

“Barang bukti sudah kita serahkan ke pihak kepolisian untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” kata Erwin.(Nda)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 2 =

Trending