Kampung Reforma Agraria di Pandeglang Diharapkan Jadi Role Model Daerah lain

Date:

Reforma Agraria di Pandeglang
Bupati Irna Narulita (kemeja putih) bersama Kanwil Agraria, Tata Ruang/BPN Banten usai meninjau lokasi lahan yang akan ditempati 225 KK dalam program kampung Reforma Agraria melalui konsolidasi tanah. (Foto: Banten Hits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Kanwil Agraria, Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Banten melaksanakan program Reforma Agraria melalui konsolidasi tanah, di Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

Di kampung tersebut nantinya akan dihuni oleh 225 Kepala Keluarga (KK) yang selama ini menumpang di tanah orang lain.

Konsolidasi tanah eks Hak Guna Usaha (HGU) Tani Wijaya memiliki luas 47 hektar. Masing-masing KK nantinya akan mendapat sekitar 200 meter tanah lengkap dengan sertifikat gratis dari pemerintah.

“Dalam waktu dekat kami jani sertifikat kami serahkan. Selanjutannya, untuk pengembangan Kampung Reforma Agraria kami serahkan ke bupati,” kata Kepala Kanwil ATR/BPN Banten Andri Tantri, di Panimbang, Selasa (14/8/2018)

BACA JUGA: Sertifikat yang Dibagikan Jokowi di Pandeglang Ditarik Ulang

Program Reforma Agraria diharapkan bisa cepat berkembang agar masyarakat tertinggal di Desa Mekarsari segera tersejahterakan.

Mengingat konsolidasi tanah tersebut baru pertama kali di Banten, Andri mengharapkan bisa menjadi role model daerah lain.

“Saya harap bisa cepat berkembang, dan menjadi percontohan bagi yang lainnya,” tambah Tantri.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita menyampaikan, pemkab akan memberikan stimulan Rp15juta untuk setiap KK.

“Insya Allah ke depan tangan mereka (warga tak mampu-red) tidak lagi di bawah. Mudah-mudahan, dua atau tiga tahun ke depan tangan sudah di atas. Pemerintah berikan Rp15 juta, sisanya mereka buat bangun rumah,” katanya.

BACA JUGA: Irna Yakin APBD Sanggup Bangun Kampung Reforma Agraria

Irna mengungkapkan, masih ada 3 sampai 4 titik lahan eks HGU, sehingga ia berharap lahan tersebut bisa tersentuh program tersebut.

“Ini jadi model juga, karena kampung Reforma Agraria baru di Pandeglang,” imbuhnya.(Nda)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...