Connect with us

METROPOLITAN

Irna Yakin APBD Sanggup Bangun Kampung Reforma Agraria

Published

on

Kampung Reforma Agraria di Pandeglang

Lahan seluas 47 hektar di Panimbang disiapkan untuk pembangunan Kampung Reforma Agraria. (Foto: Banten Hits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Bupati Pandeglang Irna Narulita meski saat ini APBD Kabupaten Pandeglang terbatas, namun ke depan akan mampu membangun Kampung Reforma Agraria, di Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang.

BACA JUGA: BPN Banten Sarankan Bupati Pandeglang Masukan Anggaran PTSL ke APBD, Ini Alasannya

Kantor Wilayah (Kanwil) Agraria, Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Banten telah menyiapkan lahan HGU seluas hampir 47 hektar yang perlu ditata, mulai dari perumahan, fasilitas pendidikan, air bersih, pertanian dan peternakan.

Irna meyakini jika retribusi pajak Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dan Tol Serang-Panimbang sudah ada, maka penataan Kampung Reforma bisa mengandalkan APBD.

BACA :  Ratusan Anggota Polresta Tangerang Naik Pangkat, Kapolres: Tak Harus Disikapi dengan Euforia

“Kami optimis, APBD bisa menyelesaikan permasalahan fasos dan fasum di sini,” ujar Irna seusai mengecek lokasi konsolidasi tanah Reforma Agraria, Selasa (14/8/2018).

BACA JUGA: Menteri Agraria dan BPN : Tahun 2019 Semua Lahan di Tangerang Raya Sudah Bersertifikat

Irna memerintahkan agar semua OPD terkait perencanaan bekerja.

“Kita kerja keroyokan. Kami punya kesanggupan fiskal berapa, enggak bisa langsung, fiskal kami terbatas. Tahun depan berapa puluh miliar sanggupnya kami untuk Kecamatan Panimbang (Kampung Reforma Agraria-red),” ucapnya,

Kepala Bappeda Pandeglang Kurnia Satriawan meminta sinergi lintas OPD dalam menata Kampung Reformasi Agraria.

“Semua dinas harus saling bersinergi, karena kebutuhan masyarakat tadi ada yang ingin ternak lele, menanam kakao, pandan dan bantuan stimulan untuk rumah,” singkatnya.

BACA :  Pemkab Lebak Minta BWI Kelola Potensi Wakaf Secara Produktif

Sementara itu, Camat Panimbang Suaedi Kurdiatna berharap, Kampung Reforma Agraria dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Karena di sini nantinya bakal ada buah tangan hasil kerajinan masyarakat dan akan banyak dikunjungi wisatawan. Masyarakat sudah sangat siap, ketika nanti Panimbang jadi ikon pariwisata Pandeglang,” katanya.(Nda)



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler