Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah Tebar 150 Ribu Benih Ikan di Kawasan Bendungan Pamarayan Lama

Date:

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah Tebar 150 Ribu Benih Ikan di Kawasan Bendungan Pamarayan Lama
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat menebar 150 ribu benih ikan di Kawasan Bendungan Pamarayan Lama, Jumat, 16 November 2018. (FOTO: Humas Pemkab Serang)

Serang – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menebar benih ikan bandeng di Kawasan Bendungan Pamarayan Lama, Jumat, 16 November 2018. Hal tersebut, sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Serang untuk menjadikan bendungan lama menjadi destinasi wisata saat festival bedolan pamarayan yang diadakan setiap tahunnya.

Seperti dilansir dalam keterangan tertulis dari Humas Pemkab Serang, Tatu menjelaskan, benih ikan tersebut didapatkan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan sebanyak 150 ribu benih ikan yang akan disebar di beberapa lokasi yang sudah ditentukan.

“Pamarayan ada 100 ribu benih di tiga titik yang disebar. Sisanya, di kawasan Puspemkab, Tasikardi, dan Situ Terate,” ungkap Tatu setelah menebar benih di Kawasan Bendungan Pamarayan Lama.

Ia berencana, hasil penebaran benih tersebut bisa dipanen oleh masyarakat saat bedolan pamarayan. “ Hasil dari penebaran benih ini juga akan bermanfaat untuk masyarakat yang mengikuti bedolan pamarayan disini,” katanya.

Tatu juga menilai, bangunan bendungan pamarayan lama berpotensi menjadi destinasi terbaru di Kabupaten Serang. Seperti, cagar budaya yang masih terawat dengan baik bisa digunakan sebagai destnasi terbaru di Pamarayan.

“Sementara, kita akan buat tim kecil untuk mengkaji bangunan lama yang ada disini (Bendungan lama – red). setelah itu, akan ada keputusan bersama untuk melanjutkan rencana baik tadi,” imbuhnya.

Dia juga berharap, pembangunan revitalisasi bangunan lama tersebut bisa dilakukan secara bersama dengan melibatkan pihak Provinsi Banten dan Pemerintah Pusat agar bisa terlaksana.

“Tinggal Kita bagi bantuan dari Provinsi berapa, APBD Kabupaten dan semoga pemerintah pusat juga turut andil disini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Budi Mulyono mengatakan, hasil penebaran benih tersebut akan dimanfaatkan sebagai peningkatan gizi masyarakat agar melestarikan makan ikan.

“Beberapa titik yang mendapatkan tebaran benih ikan bisa dimanfaatkan beberapa bulan lagi untuk peningkatan gizi,” tuturnya.

Selain itu, Dia juga memprediksi dalam jangka waktu 6 bulan kedepan, benih ikan tersebut sudah bisa dikonsumsi oleh warga sekitar.

“Ini juga menjadi uji coba balai dalam pemeliharaan ikan ketika dilepas dalam danau tanpa diberikan apapun dan nanti akan ketahuan hasilnya seperti apa,” ujar Budi.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Komitmen Tatu dalam Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama 2023 Diganjar Penghargaan KASN

Berita Serang - Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah dinilai...