52 TKI di Oman Dipulangkan

Date:

Banten Hits – Puluhan TKI ilegal yang bekerja di Oman tiba di Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Sabtu (6/6/2015) sore. Mereka dipulangkan setelah menyerahkan diri ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Oman. Selain ilegal, mereka umumnya memiliki masalah dengan majikannya.

Wartawan Banten Hits Hendra Wibisana melaporkan, TKI yang dipulangkan itu didominasi kaum perempuan. Mereka umumnya berasal dari sejumlah daerah seperti Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sebelum dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing, mereka didata terlebih dahulu oleh BNP2TKI.

“Ya, karena saya tidak memiliki dokumen lengkap saya menyerahakan diri dan langsung dipulangkan oleh pihak KBR ke Indonesia,” kata Chasiroh, TKI asal Cirebon, Jawa Barat.

Chasiroh menjelaskan, majikannya di Oman memperlakukannya dengan buruk. Nyaris saban hari dirinya selalu dimaki oleh sang majikan. Musababnya bisa dimulai dari hal kecil atau sebaliknya.

“Saya suka dimarahi oleh majikan kalau masakan saya gak enak. Saya pun tidak mendapatkan gaji selama menjadi pembantu rumah tangga di Oman,” jelasnya.

Menurut Sekretariat Kementerian Luar Negeri Indonesia Engkus Kusnadi, pihaknya telah memulangkan 52 TKI ilegal atau over stay. Mereka telah tiba di terminal Lounge TKI, Bandara Soekarno Hatta Tangerang.

“Kepulangan TKI ke tanah air ini merupakan hasil kebijakan Kedutaan Besar Republik Indonesia yang mengetahui WNI yang bekerja tidak dilengkapi dokumen seperti pasport,” kata Engkus.

Engkus Menambahkan, para TKI tersebut mendapatkan ampunan dari pemerintah Oman untuk dipulangkan ke tanah air melalu KBRI karena tidak memiliki dokumen lengkap.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related