30 Desa di Lebak Rawan Kekeringan

Date:

Banten Hits – Memasuki musim kemarau, sebanyak 30 desa yang berada di lima belas kecamatan di Kabupaten Lebak diketahui rawan bencana kekeringan. Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang pun memprediksi masih terjadinya rawan kemarau.

“Dari perkiraan BMKG memang masih diprediksi rawan kemarau,” ujar Kepala BPBD Lebak, Kaprawi, kepada Banten Hits, di Rangkasbitung, Jum’at (24/7/2015),

Tiga puluh desa tersebut di antaranya, Desa Rangkasbitung Timur di Kecamatan Rangkasbitung, Desa Pasir Kupa di Kecamatan Kalanganyar, Desa Pasar Keong dan Cisangu di Kecamatan Cibadak, Desa Sindangsari dan Selaraja di Kecamatan Warunggung, Desa Paja dan Pajagan di Kecamatan Sajira, Desa Muncang dan Pasir Nangka di Kecamatan Muncang, Desa Binong, Pasir Kacapi dan Cibeureum di Kecamatan Maja, Desa Curugbitung dan Ciburuy di Kecamatan Curugbitung.

Lima belas desa lainnya, antara lain, Desa Pasindangan di Kecamatan Cileles, Desa Kerta dan Kerta Raharja di Kecamatan Banjarsari, Desa Muara, Cipedang, Wanasalam dan Bejod di Kecamatan Wanasalam, Desa Cihara dan Citepuseun di Kecamatan Cihara, Desa Darmasari dan Pamumbulan di Kecamatan Bayah, Desa Gunung Batu dan Cireundeu di Kecamatan Cilograng, serta dua Desa yakni Desa Cisimeut Raya dan Nayagati yang berada di Kecamatan Leuwidamar.

Dari puluhan desa tersebut, pihak BPBD mengaku, sudah mulai mendistribusikan air bersih kepada sejumlah Desa yang masyarakatnya mengalami krisis air bersih.

“Kita sudah salurkan kebutuhan air bersih kepada masyarakat yang mengalami krisis air dengan mengerahkan 3 unit kendaraan air bersih yang berasal dari PDAM, dan untuk di wilayah Selatan kita akan koordinasi dengan PT Gama karena selain jarak, air di sana memang tergolong bagus,” terang Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Lebak, Madlias.

Kata dia, jika jumlah Kepala Keluarga (KK) di satu Desa yang mengalami krisis air bersih sebanyak 500 KK atau 2.000 jiwa, maka kebutuhan air bersih dalam per harinya mencapai 30.000 liter.

“Jumlah ritase tangki air bersih itu 5.000 liter per hari. Jadi, kalau 500 KK itu 6 ritase,” imbuhnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related