Pelayanan Puskesmas Cilograng Lebak Buruk

Date:

Banten Hits – Pelayanan Puskesmas Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, mendapat sorotan. Selain karena pelayanannya yang tidak maksimal, tak sedikit juga masyarakat yang mengeluhkan tidak tepatnya waktu operasionl pelayanan puskesmas. Kondisi tersebut disayangkan mengingat Kabupaten Lebak mempunyai program unggulan di bidang kesehatan bernama Lebak Sehat.

“Padahal saya datang jam sepuluh, tapi belum ada satupun petugas di puskesmas,” keluh Siti Rukma, salah seorang warga Desa Cireundeu.

Keluhan terhadap pelayanan terutama kepada petugas puskesmas juga dikatakan Endang. Menurutnya, saat itu ia tengah membawa pasien dalam kondisi kritis, namun sayang sesampainya di puskesmas, petugas terkesan cuek kendati Endang membawa pasien dalam kondisi yang kritis.

“Petugasnya kayak cuek gitu, padahal saya bawa pasien kritis, seperti enggak peduli dan biasa-biasa aja,” sesalnya.

Terpisah, Rijwan, aktivis Keluarga Mahasiswa Lebak (Kumala) Perwakilan Sukabumi, menyangkan masih belum maksimalnya pelayanan yang diberikan puskesmas setempat. Padahal, mendapat pelayanan terutama dalam bidang kesehatan merupakan hal dasar yang seyogyanya didapatkan masyarakat.

“Pelayanan publik itu bertujuan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan, bukan malah membuat susah apalagi ini berhubungan dengan orang yang sakit,” kata Rijwan, Rabu (14/10/2015).

Menurutnya, masyarakat Cilograng yang ingin berobat sangat bergantung kepada puskesmas, mengingat akses masyarakat untuk menuju rumah sakit di pusat Kota yang sangat jauh.

Untuk itu, ia sangat mengharapkan peran puskesmas lebih optimal dan maksimal dalam memberikan pelayanan medis kepada masyarakat. Pemerintah daerah melalui dinas kesehatan pun diharapkan mempunyai perhatian besar terhadap sarana dan fasilitas di puskesmas, sehingga penanganan medis juga tidak terhambat akibat minimnya sarana.

“Harapan masyarakat terhadap pelayanan dan penanganan medis puskesmas memang sangat besar karena untuk menuju rumah sakit dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kami juga meminta dinas kesehatan untuk memperhatikan sarana dan fasilitas di puskesmas ini agar lebih memadai,” pintanya.

Ia juga meminta ada sanksi tegas kepada petugas puskesmas yang tidak datang tepat waktu sehingga menghambat kepada pelayanan kesehatan yang seharusnya diterima oleh masyarakat.

“Ya, harus ada sanksi tegas kepada petugas yang malas dan tidak tepat waktu,” serunya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...