Pilkada Tangsel Akan Dihadiri Tiga KPU Luar Negeri? Ini Alasannya

Date:

Banten Hits – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dipilih menjadi daerah yang akan disambangi tiga KPU luar negeri. Kedatangan mereka yang akan didampingi masing-masing Duta Besarnya bertujuan mempelajari proses demokrasi di Indonesia. Tiga KPU luar negeri yang akan hadir pada saat hari pencoblosan 9 Desember 2015 nanti adalah, KPU Mesir, Myanmar dan Afrika.

“Kedatangan mereka memang sengaja untuk melihat langsung jalannya proses Pilkada serentak. Tangsel, jadi wilayah tujuan peninjauan ketiganya,” kata Ketua KPU Tangsel, Mohamad Subhan, Jumat (6/11/2015).

Indonesia yang menggunakan sistem demokrasi, menjadi alasan ketiga negara tersebut untuk mengetahui jalannya proses demokrasi di Indonesia. Terlebih, pelaksanaan Pilkada yang diselenggarakan secara serentak dan melibatkan ratusan daerah yang baru kali pertama terjadi.

“Ini tentu jadi perhatian dunia, makanya mereka ingin lihat langsung dan belajar proses pelaksanaannya,” ujarnya.

Kata Subhan, Tangsel dipilih sebagai daerah tujuan lantaran letaknya yang tak jauh dari Jakarta. Ada dua daerah lain di Indonesia yang sebenarnya menjadi opsi bagi tiga negara tersebut untuk dijadikan studi banding.

“Solo dan Depok. Jadi yang diputuskan itu Tangsel,” sambungnya.

Pengamat Politik Tangsel Institute, Rudy Ghani, menjelaskan bahwa Pilkada Tangsel akan menjadi pertaruhan bagi KPU setempat. Pasalnya, jika saat pelaksanaan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akan berdampak kepada penilaian negatif dari mata Internasional.

“KPU harus benar-benar memastikan Pilkada berjalan kondusif. Kalau sampai timbul kericuhan maka bukan tidak mungkin nama Indonesia jelek di dunia internasional,” jelasnya. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Tok! KPU Tetapkan Airin-Benyamin Pemenang Pilkada Tangsel

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang...

KPU Tangsel Siap Hadapi Sidang Gugatan Pilkada di MK

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang Selatan...

Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Tangsel, Ini Hasil Lengkapnya

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang...

Pleno KPU Tangsel Akan Banyak Dihujani Interupsi?

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang...