Harga Sayur dan Cabai di Pasar Tradisional Pandeglang ‘Meroket’

Date:

Banten Hits – Harga sayur di Pasar Badak Kabupaten Pandeglang naik sekitar lima puluh persen dari harga semula. Kenaikan harga yang drastis pada sejumlah komoditi tersebut diakui sudah terjadi pada sepekan yang lalu. Diprediksi, kenaikan akan terus terjadi jelang hari besar Maulid Nabi Muhammad SAW, perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Harga tomat naik drastis, dari Rp.6.000 sekarang Rp.12.000/kg. Kentang juga naik Rp.2.000 dari harga sebelumnya Rp.10.000/kg,” kata Asep Yana salah seorang pedagang sayur mayur kepada wartawan, Senin (21/12/2015).

Melambungnya harga juga terjadi pada cabai merah, bawang merah, bawang putih, tomat, hingga daging ayam. Harga bawang merah saat ini sudah menembus Rp.36.000 dari harga sebelumnya yang hanya Rp.20.000/kg. Sementara, harga bawang putih juga mengalami kenaikkan sebesar Rp.5.000.

Selain karena akan menghadapi hari-hari besar, kenaikan pada sejumlah komiditi tersebut juga disebabkan kondisi cuaca yang ekstrim.

“Ini udah dari seminggu yang lalu. Cuaca juga kan sekarang hujan aja. Tapi penghasilan sih belum berpengaruh,” ujarnya.

Untuk menghidari kerugian akibat kenaikan harga, Asep terpaksa mengurangi pasokan barang dagangannya. Apalagi, sudah banyak pembeli yang mengeluh dan mengurangi jumlah belanjaannya.

Hal senada juga dikatakan Aceng, pedagang daging ayam di pasar tradisonal tersebut. Saat ini, ia sudah tak bisa lagi menjual daging ayam Rp25.000/kg.

“Sekarang udah saya jual Rp33.000/kg, seminggu yang lalu saya masih jual Rp.25.000. Kayaknya bakal terus naik sampai tahun baru,” imbuhnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Harga Beras hingga Cabai Rawit di Banten Stabil, Ini Rahasianya!

Berita Banten - Harga 20 komoditi pokok di Banten...

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...