Connect with us

METROPOLITAN

Ini Penampakan Dua Quadski Amphibi yang Akan Jaga Perairan Banten

Published

on

Banten Hits – Dua unit Quadski Amphibi dari Mabes Polri tiba di Mako Polair Polda Banten, Kamis (17/3/2016). Peralatan disiapkan untuk menjaga perairan Banten, termasuk nantinya digunakan sebagai alat penunjang dalam tanggap darurat kecelakaan di laut.

Wartawan Banten Hits Iyus Lesmana melaporkan, sesaat setelah tiba, Dirpolair Polda Banten Kombes Pol Imam Thobroni langsung melakukan uji coba awal terhadap dua unit ski itu di seputaran perairan Banten. Selain dapat digunakan di laut, ski multifungsi ini juga dapat digunakan untuk melakukan pengamanan di tepi pinggir pantai. 

“Dua alat ini didatangkan dari Mabes dan akan digunakan sebagai alat penunjang SAR Polair menjaga perairan Banten. Untuk keseluruhannya di Indonesia ada 12 unit, di Banten sendiri kita mendapat dua unit bantuan ini, sementara sisanya ditempatkan di Metro Jakarta, di Bali dan NTB,” ungkap Dirpolair, Selasa (22/3/2016).

Dirpolair menyebutkan, ski ini dapat digunakan secara multi fungsi. Selain dapat digunakan di darat, ski inipun juga dapat digunakan di permukaan laut.

“Ini bisa digunakan seperti amphibi dan bisa juga sebagai ski air di laut. Nanti kalau sudah di darat, ban nya bisa difungsikan lagi,” tandasnya.

Nantinya, kata Dirpolair, peralatan ini akan difungsikan sebagai alat untuk melakukan aksi penyelamatan kecelakaan laut baik akan ditempatkan di area jalur tempat wisata maupun di tempat lain yang digunakan saat akan mengevakuasi korban tenggelam.

“Prinsipnya, ini bisa digunakan untuk penyelamatan wisatawan kalau ada kecelakaan di laut. Kemudian dapat digunakan untuk evakuasi korban tenggelam,” terangnya.

Diketahui, Quadski buatan Korea ini dapat berjalan di darat dengan kecepatan 80 kilometer perjam, sedangkan di laut dapat digunakan dengan kecepatan mencapai 25-30 knot dengan daya mesin yang dimiliki 1.300 CC. (Rus)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + two =

Trending