Gunung-gunung di Pandeglang Gundul Penyebab Banjir Bandang

Date:

Banten Hits – Banjir Bandang melanda Desa Suka Jadi, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Minggu (24/7/2016). Kejadian tersebut merenggut nyawa empat warga yang terjebak di lokasi.

Banjir bandang tersebut telah memicu terjadinya longsor di Gunung Aseupan di beberapa titik puncak gunung. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang Doni Hermawan mengatakan, sebelum terjadi banjir bandang, pihaknya memprediksi Gunung Aseupan rawan longsor, meski pihaknya tidak bisa memastikan kapan  bencana alam terjadi.

“Memang untuk wilayah Gunung Aseupan kita memprediksi rawan longsor, namun kejadian itu kita tidak bisa menebak, makanya kita tetap waspada,” ungkap Doni kepada wartawan, Senin (25/7/2016).

Doni mengungkapkan, kerawanan longsor di Gunung Aseupan itu karena gunung tersebut memiliki kemiringan yang sangat tinggi. Kondisi itu diperparah kondisi Gunung Aseupan yang gundul sehingga memicu banjir bandang. Kondisi serupa juga dialami Gunug Pulosari.

“Kita harus sama menjaga lingkungan dan gunung gunung kita jangan sampai gundul, termasuk rumah-rumah yang berada di pinggir sungai, karena akan menghambat alur sungai,” pungkasnya.(Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related