Buruh Tangerang Orasi di Kongres Serikat Buruh Dunia di Durban Afsel

Date:

 

Banten Hits – Dunia pergerakan buruh di Indonesia, khususnya di Tangerang, Banten, boleh berbangga hati. Salah seorang aktivis buruh asal Tangerang yang dikenal lantang menyuarakan hak buruh, Sunarno, berhasil menyampaikan cita-cita perjuangan buruh Indonesia di World Trade Union Congress yang digelar di Durban, Afrika Selatan, 5-8 Oktober 2016.

Sunarno yang menjabat Sekretaris Jenderal Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Indonesia (Konfederasi KASBI) menyampaikan orasi di hadapan peserta kongres dari belahan dunia lainnya dengan didampingi Departemen Hubungan Internasional KASBI Simon Monsky.

“Pertama-tama, saya, Sunarno sebagai Sekretaris Jenderal Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Indonesia (Konfederasi KASBI) mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan semua atas waktu dan kesempatan menyampaikan pesan solidaritas dari organisasi kami KASBI dalam forum resmi sidang umum Kongres WFTU,” kata Sunarno dalam pidato yang teks lengkapnya dipublish di akun Facebooknya, Kamis (6/10/2016).

“Dalam momen yang sangat berharga dan penting ini, kami, Konfederasi KASBI sebagai serikat buruh yang bewatak progresif, militan, internasionalis dengan lebih dari 138.000 anggota di Indonesia, ingin menekankan komitmen kami untuk membangun gerakan penyatuan serikat buruh internasional yang kuat, militan dan berorientasi pada kelas buruh dalam pertarungan melawan sistem kapitalisme dan imperialisme yang semakin menyengsarakan rakyat kecil, kaum buruh, tani, dan masyarakat miskin lainya,” lanjutnya.

Sunarno menegaskan, melalui momen kongres serkiat buruh dunia itu, Konfederasi KASBI ingin menekankan komitmen untuk membangun hubungan yang kuat dan kerjasama dengan semua kawan-kawan anggota WFTU di seluruh dunia. 

“Konfederasi KASBI menyadari bahwa di bawah penindasan kapitalisme dan imperialisme, maka semua kaum buruh di setiap negara harus bersatu padu dalam membangun gerakan buruh yang kuat untuk melawan sistem kapitalisme dan imperialisme tersebut,” ucapnya.

Selain Indonesia, dalam kongres serikat buruh dunia di Durban, Afsel tersebut, hadiri 110 negara lainnya di dunia yang terdiri 1.200 orang delegasi.

Postingan Sunarno tersebut sontak mendapatkan simpati dan puja-puji dari rekan sesama aktivis buruh lainnya.

“Saya terharu dan meneteskan airmata melihat foto ini,” tulis akun Kelompok Bunga Merah memberi keterangan pada foto Sunarno dan Simon Monsky yang tengah berorasi.(Rus)

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ingin Bangun Kota Tangerang lewat Kebersamaan, Sachrudin Terus Gerilya ke Parpol-parpol

Berita Tangerang - Calon Wali Kota Tangerang 2024-2029, Sachrudin...

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...