Iti Minta Dewan Pendidikan Bekerja Secara Optimal

Date:

Lebak – Bupati Lebak  Iti Octavia Jayabaya mengungkapkan, kemajuan daerah kuncinya adalah manusia terdidik, segala yang didapat secara individu maupun sebagai warga masyarakat tidak lepas dari dunia pendidikan. Untuk itu pemkab memastikan setiap warganya untuk mendapatkan akses pendidikan yang bermutu agar bisa bersaing dengan daerah lain. 

 

Hal itu disampaikan Iti saat pengukuhan anggota dewan pendidikan periode 2016 – 2021 di Aula Multatuli Sekertariat Daerah (Setda) Lebak, Jumat (17/2/2017).

“Salah satu dukungan yang kita perlu kita berikan kepada anak didik adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini sesuai dengan yang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan zaman,” kata Iti kepada awak media.

Iti mengatakan, keterampilan yang dibutuhkan anak-anak saat ini mencakup 3 komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi dan kompetensi. Menurutnya, karakter sendiri terdiri atas 2 bagian. Pertama, karakter moral yaitu nilai Pancasila, keimanan, ketakwaan, keadilan, empati, rasa welas asih, sopan santun. Kedua, karakter kinerja, meliputi kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan beradapatasi dan kepemimpinan.

“Literasi tidak hanya baca tulis, tapi harus diperkuat oleh literasi sains, literasi teknologi, literasi finansial  dan literasi budaya,” katanya.

Dewan pendidikan diminta untuk  melaksanakan fungsi dan tugasnya secara optimal. Semua pihak yang tekait dengan pelaksanaan fungsi dan tugas dewan pendidikan dan Komite Sekolah harus dapat memberikan dukungan dan kerja sama secara sinergis untuk mendorong pendidkan di Lebak lebih baik lagi. 

Anggota  dewan pendidikan Kabupaten yang baru dikukuhkan melalaui keputusan bupati bernomor 420/541-Dissikbud/2016 dengan beranggotakan empat orang diantaranya Adin Wahyudin, Nunung Nustara Syam,  Iman Sampurna, dan Dhila Fadhilla.

Anggota Dewan pendidikan Kabupaten Lebak, Iman Sampurna mengatakan akan bekerja keras untuk menjaga eksistensi dewan pendidikan guna peningkatan kualitas pendidikan di Lebak.

“Dewan pendididikan dapat berkarya dan memberikan ruang bagi anak-anak Lebak untuk berkontribusi memajukan dirinya, memajukan masyarakat dan memajukan budayanya.” terangnya.(Ep)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...