Pentingnya Menjaga Ideologi Pancasila Mewujudkan Bangsa yang Kuat

Date:

Lebak – Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia seyogianya dapat dijalankan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai pandangan hidup, Pancasila bertujuan menciptakan kerukunan antarmasyarakat, menghargai satu dengan yang lain, memperkokoh gotong royong dan memperkuar sistem demokrasi bangsa.

Namun sayang, nilai-nilai penting yang terkandung di dalam Pancasila kini mulai luntur di tengah-tengah masyarakat, tak terkecuali para generasi muda bangsa.

“Jika saja semua nilai-nilai itu terus diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, maka Indonesia akan menjadi negara dan bangsa yang kuat, kokoh dan berkembang karena masyarakatnya yang mampu menjaga persatuan dan kesatuan tanpa dengan mudah disusupi oleh paham-paham yang tak sesuai dengan konsep kenegaraan,” papat Anggota DPR dari Fraksi NasDem, Try Murni pada saat tatap muka dengan konsituen, di Ponpes Am Mubasirin, Desa Sajira Mekar, Kecamatan Sajira, Lebak, Rabu (10/5/2017).

Setiap warga negara kata Try mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sama, menjaga kondusifitas bangsa serta berperan aktif untuk mendukung program pembangunan yang digalakkan pemerintah.

Menurutnya, di alam demokrasi saat ini, setiap orang atau kelompok mempunyai hak menyampaikan pendapatnya dengan catatan aspirasi yang disampaikan tak menimbulkan permusahan serta konflik horizontal.

“Siapapun boleh dan berhak. Tidak perlu ragu atau takut asal menyampaikannya sesuai dengan koridor dan tidak melanggar undang-undang,” jelasnya.

Kata diam bersama-sama menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat.

“Ayo, Kita jaga keutuhan NKRI,” serunya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...