Ini Pilkada Paling Fenomenal di Banten, KPU “Dipecat” Ketua MK Kena OTT

Date:

3. Dapat Nomor Buncit Arief-Sachrudin Melejit Jadi Pemenang

KPU Banten yang mendapat mandat DKPP untuk melaksanakan Pilkada Kota Tangerang 2013, kemudian mengundi nomor urut bagi pasangan Arief-Sachrudin dan AMK-Gatot. Pasangan Arief-Sachrudin mendapat nomor buncit, sementar AMK-Gatot nomor urut 4.

Tampil menjadi peserta “susulan” dengan nomor urut buncit, elektabilitas pasangan yang sejak awal sudah diprediksi sebagai pemenang ini terus melejit.

BACA JUGA: Arief-Sachrudin Pemenang Pemilukada Kota Tangerang

KPU Provinsi Banten dalam rapat pleno yang digelar di Hotel Olive Karawaci, Kota Tangerang, (06/09/2013), menetapkan pasangan Arief-Sachrudin sebagai pemenang Pilkada Kota Tangerang dengan suara terbanyak 340.810 suara.

Sedangkan empat pasang calon lainnya, masing-masing pasangan Abdul Syukur-Hilmi Fuad meraih 187.003 suara, pasangan Dedi Suwandi “Miing” Gumelar-Suratno Abubakar menempati peringkat ketiga dalam raihan suara sebanyak 121.375 suara.

Sementara pasangan Harry Mulya Zein-Iskandar memperoleh 45.627 suara dan pasangan Ahmad Marju Kodri-Gatot Suprijanto sebanyak 15.060 suara.

Kemenangan Arief-Sachrudin ini kemudian digugat pasangan Abdul Syukur-Hilmi Fuad dan HMZ-Iskandar ke Mahkamah Konstitusi (MK) yang saat itu masih diketuai Akil Mochtar. Setelah Akil tertangkap, Ketua MK yang baru Hamda Zoelva membacakan putusan yang mengukuhkan kemenangan Arief-Sachrudin, Selasa (19/11/2013).

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...