BPPT Sebut Potensi Tsunami 57 Meter di Pandeglang, BMKG: Waspada dan Jangan Panik!

Date:

ILUSTRASI POTENSI TSUNAMI 57 METER DI PANDEGLANG
Peneliti Tsunami BPPT Widjo Kongko memprediksi ada potensi tsunami 57 meter di Pandeglang.(FOTO Ilustrasi: Detik.com)

Serang – Peneliti tsunami pada Balai Pengkajian Dinamika Pantai Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memprediksi potensi tsunami 57 meter di Kabupaten Pandeglang dan sejumlah wilayah lainnya di Provinsi Banten dan Jawa Barat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten mengaku belum menerima laporan resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Belum ada kabar dari BMKG,” kata Kepala BPBD Banten Samiwijaya melalui pesan aplikasi WhatsApp kepada Banten Hits, Selasa, 3 April 2018.

Menurut Samiwijaya, potensi tsunami selalu diawali gempa bumi. Pihaknya tidak bisa memprediksi berapa besar guncangan gempa bumi sehingga adanya potensi tsunami setinggi 57 meter. Namun dalam teorinya gempa kekuatan 6.5 SR kedalaman 10 km bisa berpotensi tsunami.

“Kita tidak bisa prediksi besar gempanya. Dalam teorinya gempa kekuatan 6.5 SR kedalaman 10 km, bisa berpotensi tsunami,” terangnya.

Dengan adanya prediksi BPPT, BPBD mengimbau kepada warga Banten khususnya Pandeglang tetap waspada dan tidak panik dengan melakukan evakuasi ke tempat-tempat yang aman.

“Waspada jika perkiraan tersebut benar dan hadapi dengan tenang tidak panik dengan melakukan evakuasi ke tempat-tempat yang aman. Dan kita berharap Allah SWT tidak memberikan bencana kepada masyarakat Banten khususnya Pandeglang,”tandasnya.

Dilansir dari detik.com, peneliti tsunami pada BPPT Widjo Kongko memprediksi ada potensi tsunami setinggi 57 meter di Kabupaten Pandeglang, Banten. Tsunami ini juga diprediksi akan mencapai Jakarta Utara.

Widjo mengatakan tsunami itu bisa terjadi karena di Jawa Barat tengah diprediksi adanya gempa megathrust di daerah subduksi di selatan Jawa dan Selat Sunda. Salah satu contoh dampak gempa megathrust ini adalah adanya gempa di Banten pada akhir Januari 2018. Apabila kekuatan gempa mencapai 9 skala Richter di kedalaman laut yang dangkal, tsunami besar akan terjadi.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...