Perbaikan Fasilitas Terminal Merak Ditarget Selesai Dua Pekan Sebelum Puncak Arus Mudik

Date:

Direktur Sarpras Ditjen Hubdat Tinjau Terpadu Merak
Sidak Terminal Merak, Yuyun mentargetkan perbaikan fasilitas di terminal tersebut rampung sebelum puncak arus mudik. (Foto: Iyus Lesmana/Banten Hits)

Cilegon – Direktur Sarana Prasarana Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Yuyun Endang Wahyu Ningrum melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Terminal Terpadu Merak, di Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Minggu (20/5/2018).

Sidak Yuyun untuk memastikan kesiapan Terminal Tipe A tersebut dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2018.

“Tadi kita lihat fasilitas penunjang saat ini, di ruang tunggu sedang ada perbaikan. Semua disiapkan untuk meningkatkan pelayanan pada saat angkutan Lebaran nanti. Diperkirakan minggu depan selesai. Sehingga lebih bersih dan tidak berdebu seperti tahun lalu,” kata Yuyun kepada awak media.

Yuyun menegaskan, perbaikan seluruh fasilitas di terminal Merak sudah harus rampung sebelum pelaksanaan musim mudik tiba.

“Seluruh perbaikan fasilitas terminal harus selesai dua minggu sebelum puncak arus mudik. Dan saya berharap angkutan Lebaran sukses, lancar dan tanpa kendala,” ujarnya.

Lebih lanjut Yuyun menegaskan, selain perbaikan dan peningkatan sarana prasarana terminal Merak, perlu adanya jaminan keselamatan yang diberikan kepada pengguna jasa. Maka dari itu, wajib dilakukan pemeriksaan berkala baik fisik kendaraan maupun teknis yang dilakukan oleh petugas terminal sebelum keberangkatan bus.

“Saya sudah sampaikan ke kepala terminal, bus yang keluar masuk terminal adalah menjadi kewenangan kepala. Oleh karena itu bus yang keluar dari terminal sudah dipastikan layak dioperasionalkan,” tutup Yuyun.

Pantauan Banten Hits, sejumlah fasilitas di terminal Merak memang jauh dari kesan terawat. Beberapa toilet penumpang sangat terlihat kotor. Begitu juga dengan lantai dasar terminal yang diperuntukan untuk ruang tunggu penumpang yang hingga kini pengerjaannya belum selesai. Gangway penumpang dari arah terminal ke pelabuhan Merak juga minim penerangan.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...