Pelayanan Kesehatan di Kota Tangerang Dipantau dari Ruangan Ini

Date:

Dinkes Kota Tangerang Pantau Pelayanan Kesehatan di Cerebroom
Kadinkes Kota Tangerang Liza Puspadewi saat menunjukkan data pelayanan di puskesmas melalui layar yang berada di cerebroom. (Banten Hits/Maya Aulia)

Tangerang – Melalui sejumlah layar yang terpasang di ruangan ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang bisa memantau berbagai aktivitas pergerakan pelayanan kesehatan.

Ruangan tersebut diberi nama cerebroom. Layar-layar yang ada di dalamnya terhubung dengan berbagai aplikasi yang dimiliki Dinkes Kota Tangerang.

Di cerebroom ini lah Dinkes bisa memantau, mulai dari pelayanan di puskemsas, kebutuhan masyarakat, jumlah kematian ibu dan bayi, peta ambulans 119 dan lain sebagainya.

“Semua data masuk ke sini. Kita pakai aplikasi terbaru next generation, ini semua data diinput di sana langsung masuk server ke sini, tapi ini untuk kepentingan internal Dinkes,” kata Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi.

BACA JUGA: Wali Kota Tangerang Semprot Direktur Rumah Sakit Swasta, Ini Alasannya

Seluruh data yang disajikan merupakan data real time yang memang terjadi saat itu. Dari ruangan ini pula, Dinkes dapat melakukan pengawasan dan konfirmasi langsung ke instansi terkait jika terjadi masalah.

“Kita bisa lihat kinerja puskesmas, jika ada hambatan bisa kita lihat dari sini kendalanya, CCTV puskesmas juga terkoneksi dengan cerebroom, ruang kepala puskesmas CCTV nya harus koneksi ke sini, jadi memang lebih mudah pengawasan nya,” jelasnya.

Jika nanti terlihat dari CCTV di sebuah puskesmas terdapat masalah, Liza mengatakan, akan langsung melakukan konfirmasi ke pihak puskesmas tersebut. Sehingga, dapat memperpendek waktu yang digunakan untuk melakukan tindakan terhadap sebuah masalah.

“Jadi kita pun langsung tau, masalah di sana apa, lalu kita konfirmasi, kita berikan teguran jika memang harus, dan kita cari solusinya, sehingga menghemat waktu dan birokrasi juga,” jelasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...