Connect with us

METROPOLITAN

Pendidik dan Pengawas PAUD hingga SD di Kota Tangerang Ikuti Sosialisasi Pendidikan Keluarga

Published

on

186 Tenaga Pendidik dan Pengawas tingkat SD dan PAUD Ikuti Sosialisasi Pendidikan Keluarga

Kegiatan sosialisasi penyelenggaraan pendidikan keluarga untuk pendidik dan pengawas tingkat SD dan PAUD di Ruang Al Amanah, Puspemkot Tangerang, Selasa, 25 September 2018.(Banten Hits/ Maya Aulia Apriliani)

Tangerang – Sebanyak 186 tenaga pendidik dan pengawas dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengikuti sosialisasi penyelenggaraan pendidikan keluarga di Ruang Al Amanah, Puspemkot Tangerang, Selasa, 25 September 2018.

Menurut Kepala Bidang PAUD Dindik Kota Tangerang Muhammad Adli, kegiatan yang mengusung tema membangun keluarga yang sejahtera, berahlakul karimah, dan berdaya saing ini merupakan implementasi dari Permendikbud Nomor 30 tahun 2007 tentang pelibatan keluarga dalam pendidikan.

“Kegiatan ini membangun sebuah sinergitas pada masing-masing sentra pendidikan,” tuturnya.

BACA :  Jurnal Pendidikan Kota Tangerang Gelar Workshop Tingkatkan Kompetensi Guru

Ia mengatakan, terdapat tiga sentra pendidikan yang harus bersinergi untuk memastikan keberhasilan proses pendidikan. yakni pada keluarga, Satuan pendidikan, dan masyarakat. Hal tersebut untuk memastikan hasil pendidikan yang dilakukan dapat berjalan baik.

“Jadi tidak hanya pemkot atau Dindik, karena pendidikan pertama itu ada di keluarga, kemandirian anak, penguatan mental anak, karakter anak ada di keluarga, dengan cara memberikan contoh dan tauladan,” katanya.

Ia mengatakan, selama ini, banyak permasalahan yang terjadi pada peserta didik seperti adanya putus sekolah maupun drop out. Hal tersebut disebabkan kurangnya penguatan karakter anak pada lingkungan keluarga dan rumah.

“Karena keterbatasan orangtua, seperti sibuk kerja, dan sebagainya, anak-anaknya kebanyakan di sekolah kan di jenjang tertentu, kaitan lembaga, penambahan karakter dan sebagainya,” ujarnya.

BACA :  Tolak Dimutasi, Dua Kepala Sekolah di Pandeglang Menangis

Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi para pendidik untuk dapat bersinergi dengan orangtua siswa.

“Kita memberikan pengetahuan, menambah keterampilan dan wawasan mengenai pendidikan anak dan masyarakat,” tandasnya.(Rus)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler