Connect with us

METROPOLITAN

Fakrab: Kepahlawanan Bisa Ditransformasikan lewat Sikap Kritis Melawan Penguasa Zalim

Published

on

Aksi unjuk rasa Fakrab menolak reklamasi Pantai Bayah.

Aksi unjuk rasa Fakrab menolak reklamasi Pantai Bayah. (FOTO: Dok.BantenHits.com)

Lebak– Forum Aksi Mahasiswa Rakyat Banten atau Fakrab menyebutkan bangsa Indonesia saat ini sudah membutuhkan sosok pahlawan baru untuk melawan penindasan serta mewujudkan kehidupan masyarakat yang demokratis secara politik, adil secara sosial, sejahtera secara ekonomi, dan partisipatif secara budaya.

Sekjen Fakrab Dede Yusuf mengatakan, momentum hari pahlawan 10 November 2018 ini harus bisa dimanfaatkan masyarakat untuk bangkit dan mentransformasikan nilai-nilai kepahlawanan dalam bentuk perjuangan baru yang kembali dikemas menjadi konteks kekinian.

“Caranya tak cukup hanya dengan kegiatan yang cenderung bersifat seremonial, tugas kita saat ini adalah memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembangan zaman,”kata Dede dalam siaran pers yang diterima BantenHits.com, Sabtu, 10 November 2018.

BACA :  Mantan Penyidik KPK Jadi Kapolres Cilegon

Menurut Dede, dalam konteks kekinian, semangat kepahlawanan salah satunya bisa ditransformasikan atau diarahkan dalam perjuangan baru untuk melawan ‘penjajahan’ penguasa Zalim.

“Kita sebagai generasi muda penerus bangsa bisa berjuang dari hal yang sederhana, tetapi berpengaruh positif terhadap masyarakat. semangat pahlawan layak ditiru dengan melakukan tindakan kritis atas situasi yang terjadi, upaya ini bisa dimulai dari diri sendiri dan lingkungan terdekat,”tuturnya.

Dede mengajak masyarakat untuk menyebarkan gagasan-gagasan mengenai perubahan yang menjadi satu kebutuhan mendesak.

“Jangan sampai perubahan hanya jadi menu diskusi tapi kering implementasi,” ucapnya. (Rus)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler