Komitmen Jaga Lingkungan, ASN di Tangsel Bacakan Deklarasi Pengurangan Sampah Plastik 

Date:

Tangsel – Aparatur Sipil Negara atau ASN di  Tangsel secara serentak melakukan deklarasi bersama pengurangan sampah plastik saat Apel kesadaran bersama di Lapangan Cilenggang, Serpong, Kamis 17 Januari 2019. 

Wali Kota Tangse  Airin Rachmi Diany, meminta agar seluruh ASN bisa mengurangi plastik kemasan. Hal ini untuk menjaga lingkungan Tangsel agar lebih baik. 

“Untuk itu, Saya telah mengeluarkan intruksi walikota nomor 660.2/143/DLH terkait dengan hal ini, maka saya meminta kepada seluruh OPD dalam melaksanakan setiap kegiatan seperti rapat dan sebagainya, baik di dalam gedung maupun diluar gedung, menghindari penggunaan bahan atau material tersebut,” ucapnya.

Sebagai alternatif, ia meminta agar OPD lebih menggunakan bahan organik atau yang mudah terurai. Selain itu agar mereka bisa menggunakan barang yang dapat digunakan berulang-ulang. Selain kepada OPD, seluruh pelaku usaha juga harus mengikuti instruksi tersebut.

“Kepada OPD terutama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) saya meminta surat edaran ini untuk disosialisasikan,” tegasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel, Toto Sudarto mengaku siap melakukan instruksi tersebut.

Ia mengatakan ada lima point deklarasi yang disampaikan saat apel tersebut. Yang pertama  akan melaksanakan pengurangan penggunaan berbahan plastik sekali pakai di setiap pelaksanaan perangkat daerah.

Kedua akan aktif melaksanakan sosialisasi pengurangan sampah plastik kepada seluruh lapisan masyarakat. Ketiga, akan menerapkan penggunaan tempat makan dan minum yang dapat diguna ulang.

Keempat akan melaksanakan pengawasan pengurangan penggunaan plastik sekali pakai ditempat kerja. Kelima akan melaksanakan instruksi Walikota Tangsel dalam pengurangan penggunaan plastik sekali pakai dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Deklarasi ini merupakan janji bersama ASN dilingkup Pemkot Tangsel untuk mengurangi sampah plastik di Kota Tangsel,” singkatnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...