Connect with us

METROPOLITAN

Kemenag Kabupaten Lebak Catat 12.432 Orang Masuk Daftar Tunggu Haji

Published

on

Jemaah Calon Haji Kota Serang

Foto Ilustrasi: Jemaah calon haji Kota Serang. (Dok. Banten Hits)

Lebak – Kantor Kementerian Agama atau Kemenag Kabupaten Lebak mencatat sebanyak 12.432 orang masuk daftar tunggu keberangkatan haji. Jumlah tersebut berdasarkan data calon jamaah haji yang sudah terinput di Kantor Kemenag.

“Daftar tunggu haji sampai tahun 2019 ini sudah 12.432 orang. Yang akan berangkat tahun ini hanya  602 orang,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Lebak Humaedi Hakim kepada awak media, Senin, 28 Januari 2019.

Menurutnya, jumlah jamaah haji yang dijadwalkan berangkat pada tahun 2019 berdasarkan waiting list sementara bukan jumlah pasti mengingat masih dalam pengelolaan pemerintah pusat.

“Itu baru data awal sesuai wating list belum di SK kan secara resminya. Kita melangkah berdasarkan edaran intruksi dari bidang haji dan umroh di pusat, kanwil dan pimpinan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Humaedi menegaskan, terkait proses keberangkatan haji pihaknya siap melayani bukan dilayani. Termasuk usulan percepatan keberangkatan calon jemaah haji sudah usia lanjut.

“Bagi calon lansia yang berusia minimal 75 tahun dipersilakan mengajukan kepada penyelenggara haji. Terkair proses keberangkatan, alurnya berkoordinasi ke Kanwil, nanti keputusan akhirnya oleh pusat karena disesuaikan ketersediaan kuota haji,” ujarnya.

Seuai alurnya, diungkapkan Humaedi, persyaratan calon haji lansia minta percepatan keberangkatan di antaranya sudah berusia minimal 75 tahun dan sudah melakukan pendaftaran tiga tahun.

“Jika sudah memenuhi syarat maka dilanjutkan pemberkasan data diri. Silakan mengajukan kami siap melayani namun keputusan keberangkatan menjadi kewenangan pusat setelah melalui proses perankingan dari jumlah lansia yang masuk daftar tunggu keberangkatan haji,” ucapnya.

Reporter: Fariz Abdullah
Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Trending