Bawaslu Temukan Keterlibatan ASN Menangkan Anak Gubernur Banten

Date:

Ketua Bawaslu Banten, Didih M. Sudi
Ketua Bawaslu Banten, Didih M. Sudi. (Banten Hits/Mahyadi)

Serang- Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Provinsi Banten melakukan pemeriksaan terhadap salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten yang diduga terlibat untuk memenangkan salah satu calon DPD RI Mohammad Fadlin Akbar.

Pemeriksaan dilakukan kepada Fatturohman, Kasubag Tata Usaha (TU) Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan dan Kebudayaan Banten wilayah Serang-Cilegon yang disebut-sebut telah membuat dan menjadi admin group whatsapp ‘DPD utk Kang Fadlin WH’.

Ketua Bawaslu Banten Didih M Sudi membenarkan bahwa Bawaslu telah memeriksa pelapor atasnama Firman warga sipil dan terlapor atas nama Fatturohman Pejabat di lingkungan Pemprov Banten.

Di hadapan tim, kata Didih terlapor mengakui telah membuat dan menjadi admin group WhatsApp ‘DPD utk Kang Fadlin WH’ yang di dalamnya turut disertakan beberapa kontak Pejabat esselon II dan III Pemprov Banten. 

Fatturohman, jelas Didih berdalih pembuatan group WhatsApp yang diduga untuk memenangkan anak Gubernur Banten Wahidin Halim itu merupakan ketidak tahuannya adanya peraturan yang melarang ASN melakukan aktivitas dukung mendukung dalam group WhatsApp. Ia juga beralasan group itu dibuat atas dasar kedekatan personal dengan pria yang akrab disapa Fadlin WH itu.

“Ya, terlapor ini mengaku tidak sengaja mengundang sejumlah pejabat dilingkungan Pemprov Banten dan memang terlapor (Fatturohman-red) mengaku dekat dan berteman dengan Fadlin WH,”katanya.

“Jadi tafsiran terlapor bahwa politik praktis itu ya ikut kampanye,”sambungnya.

Didih mengaku saat ini masih mendalami persoalan dugaan keterlibatan sejumlah pejabat atau ASN dilingkungan Pemprov Banten untuk memenangkan salah satu calon DPD RI itu.

“Ya kita masih dalami,  kita juga masih periksa beberapa saksi lagi. Masih berlanjut lah,” ucapnya.

Untuk diktehaui, selain Fatturohman Bawaslu Banten juga meminta klarifikasi dari salah satu saksi yakni Kabid Pembinaan dan data kepegawaian BKD Banten, Alfian. 

Baca Juga: Bawaslu Banten Sebut Reses Anggota DPRD Berpotensi Pelanggaran

Sebelumnya, Firman Hakim diperiksa oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten di Kantor Bawaslu Banten Lingkungan Kelapa Dua, Kota Serang pada Jum’at, 22 Maret 2019. Firman Hakim diperiksa sebagai pelapor Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten yang mendukung Calon Anggota DPD RI, Fadlin Akbar tak lain anak Gubernur Banten, Wahidin Halim.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ketika Pj Gubernur Harus Hitung Sendiri Uang Santunan untuk 13 Penyelenggara Pemilu di Banten yang Wafat

Berita Banten - Pelaksanaan Pemilu 2024 di Banten berlangsung...

Anggota KPPS di Kadipaten Cilegon Meninggal Dunia Diduga Kelelahan

Berita Cilegon - Santo (23) warga Lingkungan Kadipaten, Kelurahan...

Ramai Nama Baru Kalahkan Suara Mantan Gubernur Banten di Real Count Sementara KPU

Berita Banten - Real count hasil Pemilu 2024 KPU...

Real Count KPU Hampir 50 Persen, Airin Rachmi Diany Caleg DPR RI Paling Digdaya di Banten

Berita Banten - Airin Rachmi Diany menjadi Calon Anggota...