Connect with us

Pemilu

Tak Cukup Kursi, Empat Partai Pendukung Jokowi-Ma’ruf Harus ‘Berkoalisi’ Bentuk Fraksi di DPRD Kota Serang

Published

on

Ilustrasi (net).

Serang- DPRD Kota Serang resmi membentuk fraksi di periode 2019-2024. Tercatat ada 6 fraksi yang terbentuk secara utuh sedangkan 2 fraksi lainnya merupakan gabungan dari beberapa partai.

Dari keenam fraksi yang berhasil membentuk fraksi secara utuh diantaranya Gerindra, Golkar, NasDem, PKS, PAN dan Demokrat. Sedangkan PPP, PKB, PDI Perjuangan, Hanura dan Berkarya harus berkoalisi untuk membentuk fraksi karena kekurangan jumlah kursi.

Sekwan DPRD Kota Serang Moch Ma’mun Chudori mengatakan pembentukan fraksi dilakukan setelah sehari pasca dewan dilantik.

“Semuanya ada 6 fraksi utuh dan dua fraksi gabungan yaitu fraksi Kebangitan Pembngunan (PPP, PKB) dan satu lagi namanya fraksi PDI Perjuangan tapi di dalamnya masuk (PDIP, Hanura, Berkarya),” kata Ma’mun, Selasa 10 September 2019.

Untuk diketahui, Partai Gerindra berhasil menjadi jawara di Kota Serang pada Pemilu 2019. Partai besutan Prabowo ini mengungguli Golkar meski sama-sama mendapatkan 7 kursi. Gerindra unggul dengan perolehan total 61.125 suara sementara partai Golkar hanya mendapat 52.252 suara.

Disusul partai NasDen dengan prolehan 6 kursi, PKS dengan 5 kursi. Kemudian partai PDIP, PAN dan Demokrat sama-sama memperoleh 4 kursi. Sedangkan PKB dan PPP hanya 3 kursi. Partai yang prolehan kursi paling buncit di duduki Hanura dan Berkarya sama memiliki dengan 1 kursi.

Editor: Fariz Abdullah

Trending