Connect with us

SENI & BUDAYA

Mengintip Tradisi Keceran dan Debus Perguruan Pencak Silat Mande Macan Guling Rawat Kota Serang

Published

on

Pengurus DPC PPS MMGBI saat menggelar acara tradisi keceran. (BantenHits.com/Mahyadi).

Serang- Wakil Wali Kota Serang, Subadri Usuludin mengukuhkan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perguruan Pencak Silat Mande Macan Guling Indonesia (PPS MMGBI) Kota Serang resmi di Pedepokan Macan Guling, Pasar Rau, Serang, Banten, Kamis, 21 November 2019.

Dalam acara pengukuhan, panitia juga menggelar acara milad ke 61 tahun PPS MMGBI. Berbagai acara tradisional khas tanah jawara diselenggarakan termasuk tradisi keceran dan atraksi debus dari para pesilat.

Subadri yang menyaksikan langsung atraksi debus dan tradisi keceran berharap agar Pencak silat yang ada di Kota Serang dapat terus melestarikan budaya dan meliharkan pesilat-pesilat handal.

“Mudah-mudahan  pencak silat yang ada di Kota Serang bisa lebih besar serta pengurus yang telah dikukuhkan bisa membawa nama baik di Provinsi Banten dan  melahirkan atlet-atlet yang mampu mengharumkan nama baik Kota Serang dalam prestasinya,”kata Subadri.

Orang nomor 2 di ibu kota Banten ini meminta seluruh, paguron, jawara dan Alim Ulama untuk bersama-sama membangun dan bersinergi dengan pemerintah kota Serang Kota Serang.

“Tidak akan lebih baik tanpa kebersamaan  maka dari itu, ini akan dipertunjukkan setiap tahun tujuannya disamping membudayakan budaya- budaya juga membangun tali silaturahim pembinaan untuk atlet. Pemerintah Kota Serang setiap tahunnya konsen dalam mengurus dan sekaligus juga membina para atlet yang berprestasi,”paparnya.

Sementara Ketua DPW PPS MMGBI Deni Arisandi menjelaskan acara ini sengaja diselenggarakan untuk melestarikan budaya keceran dan menjaga tali silaturahmi antar anggota peguron Mande Macan guling.

“Selain untuk menjaga tali silaturahmi sesama anggota, juga pada umumnya kepada semua peguron yang ada di Provinsi Banten yang alhamdulilah bisa hadir di acara malam ini,”kata Deni.

Selain tradisi keceran, Deni menerangkan acara juga menampilkan atraksi debus, aksi seni bela diri silat yang di peragakan langsung oleh Panglima PPS MMGBI Joni Agus Maulidi.

“Alhamdulillah acara ini bisa kami gelar dengan cukup meriah, dan tadi juga kami menampilkan beberapa atraksi Debus dan beberapa jurus silat dari PeguronMacan Guling, tujuannya agar semua orang tau bahwa tradisi seperti ini masih bisa eksis dan harus tetap terjaga bahkan harus di wariskan kepada anak cucu kita nanti,” pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending