Connect with us

OLAHRAGA

Atlet Banten Raih 15 Medali di SEA Games 2019, 5 Diantaranya Emas  

Published

on

Salah satu atlet Banten yang berhasil meraih medali emas di SEA Games 2019 Filipina. (Istimewa).

Serang- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Banten mencatat sedikitnya 15 medali berhasil disumbangkan atlet asal tanah jawara dalam ajang Pesta Olahraga Negara Asia Tenggara atau SEA games 2019 di Filipina. Masing-masing 5 medali emas, 5 perak dan 5 perunggu.

Capaian itu tentunya membuat perolehan medali bertambah meskipun hanya mampu bertengger di posisi ke empat klasemen dengan total 267 medali, yaitu 72 emas, 84 perak, dan 111 perunggu.

“Ya, atlet Banten menyumbang 15 medali, yaitu 5 emas, 5 perak dan 5 perunggu untuk Indonesia,” papar Rumiah Kartoredjo, Ketua Umum KONI Banten, yang ditemui Rabu, 11 Desember 2019.

BACA :  Tatu Ingin Seluruh Kecamatan punya Lapangan Olahraga

Rumiah membeberkan medali emas disumbangkan masing-masing oleh Rio Danu Utama Tjabu 1 emas dari cabang olahraga menembak nomor Pistol dan M Fajar Faturahman 4 emas dari cabang olahraga dayung nomor Perahu Naga. Bedanya, Rio turun di nomor perorangan sedangkan Fajar seluruhnya di nomor beregu.

Lima medali perak diraih Hadika Aubrey Rasendriya dari cabor menembak nomor perorangan Senapan 1 perak Fajar Faturahman dari dayung Perahu Naga 1 perak, Syerina dari judo beregu putri 1 perak, Monica Isella dari softball putri 1 perak dan Hadi Hidayat dari hoki kolam beregu 6×6.

Sementara, medali perunggu didonasikan oleh Hadi Hidayat masih di hoki kolam beregu 4×4 1 perunggu, Livia Iriana dari hoki kolam beregu 6×6 1 perunggu, Carmelita Cassandra dan Zefanya Laisina yang turun di hoki kolam beregu 4×4 1 perunggu. Lalu ada Ray Santoso, Andersen Lim, Jericho Gaffar, Diva Fabil, dan Anhar yang menyumbang 1 perunggu dari baseball putra serta terakhir Kyandra Susanto yg turun di nomor perorangan Skateboarding 1 perunggu.

BACA :  Sabet Emas di O2SN Nasional, Pelajar Lebak Wakili Indonesia di Kejuaraan Bulutangkis Internasional

Dijelaskan Rumiah, pada SEA Games 2019 ini ada 25 atlet Banten yg menjadi anggota Kontingen Indonesia. Yang berhasil menyumbangkan medali 15 orang di antaranya.

“Mereka sudah ikut mengharumkan nama bangsa dan Provinsi Banten khususnya. Sebagai penghargaan, kami akan berikan mereka dana pembinaan,”tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler