Connect with us

Berita Terbaru

Duh, Pertumbuhan Ekonomi di Banten Minus 7,40 Persen

Published

on

Adi Wiriana, Kepala BPS Banten menyebut pertumbuhan ekonomi di tanah jawara pada triwulan ke II minus 7,40%. (BantenHits.com/Mursyid Arifin)

Serang- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten mencatat pertumbuhan ekonomi Banten pada triwulan ke II tahun 2020 menjadi negatif atau minus 7,40 persen. Pemicunya karena paparan Corona yang menyebar luas di Tanah Jawara.

Alhasil laju pertumbuhan ekonomi di Provinsi Banten mengalami resesi. Resesi yang dimaksud apabila secara 2 triwulan berturut-turut pertumbuhan ekonominya selalu negatif.

Di triwulan I pertmbuhan ekonomi Banten melambat ke arah 3,01 persen. Demikian dikatakan Adi Wiriana Kepala BPS Banten.

“Pertumbuhan ekonomi Banten di triwulan ke II ini menjadi negatif, yaitu minus 7,40 persen. Meski di triwulan I juga sebenarnya melambat ke arah 3,01 persen,” kata Adi di kantornya, Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Jum’at, 7 Agustus 2020.

BACA :  Setiap Hari, Kota Tangerang Butuh 550 Kg Daging Sapi

Meski demikian, menurut Adi saat ini pertumbuhan ekonomi Banten mulai membaik. Sebab, masyarakat juga sudah mulai mengerti bagaimana mengatasi aktivitas di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Sekarang negatif, tapi kan triwulan III belum tentu, mudah-mudahan sih tidak,” imbuhnya. 

Adi kembali menjelaskan, lambatnya pergerakan ekokomi di Banten tidak terlepas dari banyaknya industri yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan merumahkan para  pekerjanya.

Selain itu, Adi memprediksi pertumbuhan ekonomi pada triwulan III akan membaik. Alasannya, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) telah diberikan kelonggaran. 

“Kami prediksi saat ini sudah memasuki masa puncak, karena di triwulan III kemungkinan sudah membaik. Sebab PSBB juga sudah dilonggarkan,” jelasnya.

BACA :  Ketua Pansus RZWP3K Tiba-tiba Sisir Pelabuhan-Pelabuhan di Banten; Pertanyakan Izin TUKS

Editor: Fariz Abdullah



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Terpopuler