20 Kecamatan di Pilkada Kabupaten Serang Tak Murni Gunakan “Sirekap” saat Penghitungan dan Rekapitulasi Suara. Kok Bisa?

Date:

Komisioner Bawaslu Kabupaten Serang Abdurrohman saat memaparkan materi evaluasi pengawasan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Serang tahun 2020. (BantenHits.com/Mursyid Arifin)

Serang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang merilis dari 29 Kecamatan Se-Kabupaten Serang, hanya 9 Kecamatan yang proses penghitungan dan rekapitulasi suaranya murni menggunakan aplikasi Sirekap.

Sementara 20 Kecamatan lainnya menggunakan metode penghitungan dan rekapitulasi secara manual menggunakan Microsoft Excel, lantaran aplikasi tersebut tidak bisa digunakan.

Hal itu terungkap saat Bawaslu menggelar Media Meeting ‘Evaluasi Pengawasan Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang’, di kantornya, Jalan Palka No. 1 Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, 23 Desember 2020.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Serang, Abdurrohman mengatakan, Sirekap ini tujuannya baik untuk menunjang kerja-kerja bagi penyelenggara, hanya saja dalam pelaksanaannya membutuhkan persiapan yang maksimal.

Termasuk penggunaannya yang harus mendukung, kata dia, karena saat penggunaan Sirekap ini tidak bisa diakses, sehingga tidak bisa digunakan dengan baik.

“Jadi kedepan itu mustinya harus ada aplikasi yang memudahkan, bukannya menyulitkan dalam penyelenggaraan,” kata Abdurrahman.

Oman sapaan Abdurrohman menyarankan, namun yang menjadi evaluasi jikalau kedepan pemilihan masih menggunakan sistem (Sirekap) harus ada perbaikan. Misalnya, ketersediaan sistem jaringan, infrastruktur yang mendukung, termasuk pengetahuan SDM terhadap penggunaan sistem tersebut.

“Jadi itu dulu greet-nya yang harus dilakukan, baik kesiapan SDM, Infrastruktur, jaringan dan segala macamnya,” sarannya.

Sebelumnya, Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar mengungkapkan, terjadi kendala di server KPU. Karena sempat mengalami down, akibat dari banyak yang menggunakan, sebab Pilkada dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Mursyid Arifin

    Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...