Kengerian di Tangerang usai Lebaran; Sehari 24 Jenazah Pasien COVID-19 Dimakamkan

Date:

Petugas pemakaman dengan APD lengkap menggotong peti jenazah pasien COVID-19 di TPU Buni Ayu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang. (BantenHits.com/ Rikhi Ferdian)

Tangerang – Lonjakan kasus COVID-19 di Kabupaten Tangerang benar-benar mengerikan!

Bukan hanya puskesmas dan rumah sakit yang mendadak penuh sesak oleh pasien COVID-19, petugas tempat pemakaman pun mendadak sibuk.

Wartawan BantenHits.com, Rikhi Ferdian melaporkan, Juni 2021 menjadi bulan tersibuk yang dialami petugas pemakaman di tempat pemakaman umum atau TPU Buni Ayu yang menjadi TPU khusus penderita COVID-19 di Kabupaten Tangerang.

Pantauan BantenHits.com di TPU Buni Ayu, Rabu, 30 Juni 2021, ambulans pengantar jenazah yang meninggal dunia karena COVID-19 hilir mudik tidak ada hentinya. 

Kurang dari satu jam saja lebih dari lima ambulans datang membawa jenazah untuk dimakamkan secara protokol COVID-19.

Kepala Bidang Pemakaman Dinas Perumahan Permukiman dan Pemakaman (DPPP) Kabupaten Tangerang, Dadan Darmawan kepada BantenHits.com, Rabu 30 Juni 2021 mengungkapkan, pada Senin, 29 Juni 2021 ada 24 jenazah yang dimakamkan dalam sehari. 

Para petugas penggali kubur yang jumlahnya sangat terbatas itu pun harus selalu standby agar tidak terjadi antrean dalam proses pemakaman. 

“Makanya kita akan tambah petugas penggali kubur di TPU Buni Ayu karena yang ada sekarang sudah pasti sangat kelelahan,” ujarnya.

Ia tak menampik, lonjakan angka kematian karena COVID-19 ini terjadi pasca Hari Raya Lebaran. Padahal, sebelum Lebaran jumlah jenazah COVID-19 yang dimakamkan di TPU Buni Ayu sempat menurun. 

“Padahal sebelum lebaran kita hanya memakamkan 1-2 hari jenazah saja itu pun tidak setiap hari,” terangnya.

Meski begitu, ketersediaan lahan di TPU Buni Ayu masih sangat cukup. Dari total luas sekitar 60 hektare masih ada 1.000 lubang khusus jenazah COVID-19. 

“Kalau lahan masih cukup untuk saat ini yang akan ditambah selain petugas juga kelengkapan sarana dan prasarana seperti penerangan jalan dan perbaikan akses jalan,” pungkasnya.

Juni 2021 Terjadi Lonjakan Tertinggi

Berdasarkan data DPPP Kabupaten Tangerang, sepanjang bulan Juni 2021 sudah ada 247 jenazah COVID-19 yang dimakamkan di TPU Buni Ayu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang.

Namun, jika dihitung dari awal tahun 2021 sampai Juni 2021 sudah ada 560 jenazah yang dikuburkan di pemakaman khusus COVID-19 tersebut. 

Sedangkan pada tahun 2020 tepatnya dari bulan Maret sampai Desember 2020 ada 260 jenazah COVID-19 yang dimakamkan. 

“Sehingga jumlah keseluruhan dari awal pandemi Maret 2020 sampai Juni 2021 sudah ada 820 jenazah COVID-19 yang dimakamkan di TPU Buni Ayu,” kata Dadan.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

  • Rikhi Ferdian Herisetiana

    Pria kelahiran Jakarta ini memiliki latar belakang sarjana pendidikan. Ketertarikan pada dunia literasi membuat Rikhi--begitu dia biasa dipanggil--memilih jalan hidup sebagai jurnalis.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...