Pemkab Tangerang Bakal Budidaya Belatung Tangani Persoalan Sampah; Untuk Pemilihan Ekonomi Juga

Date:

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Rudi Maesyal menyebut Pemkab Tangerang akan membudidayakan belatung untuk mengatasi persoalan sampah di Kabupaten Tangerang. (BantenHits/Rikhi Ferdian)

Tangerang- Lokasi eks pasar tradisional di wilayah Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, akan difungsikan sebagai tempat budidaya ulat maggot atau belatung oleh pemerintah Kabupaten Tangerang.

Ya, Pemkab Tangerang yang bekerja sama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) bakal mencanangkan program budidaya ulat maggot atau belatung.

“Ya, kita akan mencanangkan dan mempercepat program budidaya maggot di Kabupaten Tangerang,” Kata Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Rudi Maesyal kepada BantenHits, Kamis 2 September 2021.

Rencananya, sambung Rudi, program budidaya maggot itu bakal dilakukan di lokasi eks pasar tradisional di wilayah Jambe. Nantinya, upaya pengembangan maggot ini bakal diujicobakan dengan sampah organik sebanyak 40 ton.

“Kalau dari perhitungan, perharinya magot ini akan mengurangi sampah 2.500 ton di TPU Jati Waringin, tetapi kita coba 40 ton dulu,” Terangnya

Menurutnya, selain bermanfaat untuk mereduksi sampah organik budidaya magot juga bisa memiki nilai ekonomis sehingga bisa mengembangkan ekonomi kerakyatan.

“Bisa juga dijadikan sebagai pakan ternak atau pupuk dan yang pasti bisa membuka lapangan pekerjaan bagi warga setempat. Ini juga untuk pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19,” Tuturnya.

Kedepan, Rudi menambahkan, jika budidaya maggot ini berjalan baik maka Pemkab Tangerang akan memfasilitasi program tersebut dengan menyediakan alokasi anggaran.

“Untuk sekarang kita hanya memfasilitasi dan melakukan pengawasan. Tapi kalau program ini berjalan baik tentunya pemkab Tangerang akan mendukung penuh,” Pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Rikhi Ferdian Herisetiana

    Pria kelahiran Jakarta ini memiliki latar belakang sarjana pendidikan. Ketertarikan pada dunia literasi membuat Rikhi--begitu dia biasa dipanggil--memilih jalan hidup sebagai jurnalis.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...