Connect with us

Advertorial

Sukses Lahirkan Rentetan Inovasi Ini, Perumdam TKR Akan Berbagi Ilmu kepada PDAM se-Banten

Published

on

Aplikasi SimpelTKR yang diluncurkan untuk pelanggan Perumdam TKR Kabupaten Tangerang. (Foto: Dok. Humas Perumdam TKR Kabupaten Tangerang)

Tangerang – Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM se-Banten yang tergabung dalam Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Banten, akan menggelar pelatihan berbagai macam disiplin keilmuan dan keahlian.

Agenda pelatihan ini digelar sebagai rangkaian dari pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Perpamsi Banten pada Agustus 2022 mendatang.

Badan Diklat Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kertaraharja atau Perumdam TKR Kabupaten Tangerang ditunjuk untuk mengkoordinir terlaksananya pelatihan kepada seluruh perusahaan air minum anggota Perpamsi se-Banten tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Dirut Perumdam TKR Kabupaten Tangerang yang juga Ketua Perpamsi Banten, Sofyan Sapar saat menggelar pertemuan dengan seluruh anggota Perpamsi Banten, 20 Mei 2022 lalu.

“Training berbagai macam disiplin keilmuan dan keahlian yang akan dikoordinir melalui Badan Diklat milik Perumdam TKR. (Mengenai) penerapan tagihan coklit secara online dan (inovasi) lainnya,” kata Sofyan dalam acara itu.

Perumdam TKR selama ini memang dikenal produktif melahirkan inovasi-inovasi berkaitan dengan pelayanan. Berikut di antara inovasi pelayanan yang telah dilahirkan Perumdam TKR:

BACA :  Kepengurusan Pelti Kabupaten Lebak Dikukuhkan; Mayor Asmail Jabat Ketua

1. Aplikasi Sistem Pelayanan (Simpel TKR)

Simpel TKR merupakan media layanan satu pintu yang interaktif bagi pelanggan dan calon pelanggan. Aplikasi ini memberikan kualitas pelayanan yang prima serta respons yang cepat kepada pelanggan melalui fitur-fitur:

Untuk Pelanggan:

– Info Tagihan
– Info Pembayaran
– Info Pemakaian Air (Tabel dan Grafik)
– Baca Meter Mandiri
– Komplain/Pengaduan Pelanggan
– Informasi Tempat Bayar dan Berita
– Notifikasi

Untuk Calon Pelanggan:

– Registrasi Pelanggan Baru/Pasang Baru
– Info Status Proses Registrasi
– Notifikasi

Aplikasi Simpel TKR dapat didownload pada link berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=id.redboxdigital.pdamtkr

2. Lapor Meter Mandiri

Terobosan Perumdam TKR Kabupaten Tangerang kali ini bernama Lapor Meter yang bisa dilakukan via online yakni melalui link bit.ly/3bMAS9u dan juga nomor WhatsApp resmi pelayanan.

Yang perlu diperhatikan saat menggunakan Lapor Meter adalah wilayah tempat rumah pelanggan terdaftar yang bisa dilihat dari kode 3 digit angka pertama pada Nomor SL.

Setelah mengambil gambar penggunaan air pada watt meter, pelanggan tinggal menulis pada berita foto meter yang akan dikirim dari Nomor SL/Angka Stan Meter/ No. Hp. Seperti contoh berikut: B123456/00157/0812345678.

BACA :  HUT ke-20 Provinsi Banten, Mahasiswa: Kami Bosan Dikibuli!

Foto dan data angka stan meter yang dikirim akan diterima oleh petugas pembaca meter yang biasa bertugas di lokasi. Lapor Meter Mandiri diterima paling lambat sebelum tanggal 20 setiap bulannya.

3. Kerjasama Pembayaran Rekening Online

Kerjasama pembayaran online sudah diberlakukan Perumdam TKR Kabupaten Tangerang sejak lama. Melalui kerjasama ini, pelanggan bisa melakukan pembayaran pada:

– ATM Teller

Pembayaran tagihan Perumdam TKR pada ATM Teller bisa dilakukan pada ATM Bank Mandiri dan Bank BTN.

Selain melalui mesin ATM pada dua bank ini, Perumdam TKR juga menyediakan loket pembayaran di Bank OCBC NISP.

– Mini Market

Ada empat minimarket yang telah bekerjasama dengan Perumdam TKR, yakni Alfamart, Alfamidi, Dan Dan, serta Lawson. Di tempat-tempat ini pelanggan bisa langsung melakukan pembayaran di kasir.

4. Mandiri Online

Melengkapi kemudahan yang sudah ada pada kerjasama pembayaran online, Bank Mandiri menyediakan fitur khusus pembayaran tagihan air melalui Mandiri Online.

BACA :  Pembelajaran Tatap Muka Harus Cegah Klaster Institusi Pendidikan

Pelanggan hanya butuh mengakses Mandiri Online, kemudian mengikuti tahapan berikut ini:
– Pilih menu bayar lalu buat pembayaran baru
– Pilih PAM
– Pilih PAM premium kode 30000
– Masukan kode PAM 0003
– Masukan Nomor Sambungan Langganan

5. Klik Indomaret

Cara kerja aplikasi ini sama, pelanggan tinggal mengaksesnya, kemudian mengikuti tahapan ini:

– Klik icon Indomaret
– Pilih Air PDAM
– Pilih PDAM Kabupaten Tangerang
– Masukan nomor sambungan pelanggan.

6. E-procurement

Selain inovasi pelayanan yang berhubungan dengan pembayaran pelanggan, terobosan terbaru kembali dilakukan Perumdam TKR Kabupaten Tangerang pada 25 Mei 2022.

Kali ini, perusahaan air minum yang kerap jadi langganan peraih BUMD Awards ini meluncurkan aplikasi pengadaan secara elektronik atau dikenal dengan E-procurement.

Aplikasi ini diluncurkan di Bandung, Jawa Barat, dengan nama Eproc.perumdamtkr.com.

Dengan diluncurkannya E-procurement, maka Perumdam TKR kini bisa melakukan pengadaan barang dan jasa secara mandiri. Pasalnya, selama ini, pengadaan barang dan jasa secara elektronik di Perumdam TKR masih menginduk kepada LPSE Kabupaten Tangerang.(ADVERTORIAL)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler