Connect with us

Berita Terbaru

Duh Ada 42.540 Data Pemilih Ganda, KPU Lebak: Sedang Kita Eksekusi

Published

on

FOTO ILUSTRASI Kantor KPU Lebak. (SatelitNews)

Lebak- Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Lebak melakukan pencermatan terhadap 72.962 data pemilih yang diterima dari KPU RI. 42.540 diantaranya merupakan data pemilih ganda.

“Jadi kami menerima sejumlah data pemilih dari KPU RI. Data ini per semester pertama tahun ini yang disandingkan dengan DPT tahun 2019,” kata Ketua KPU Lebak, Ni’matullah, Jumat, Senin, 27 Juni 2022.

Pencermatan data dilakukan KPU bersama pemerintah daerah, Dinas Dukcapil, BPS, dan Bawaslu. KPU melakukan pencocokan dan penelitian terbatas (Coktas) terhadap data tersebut, terutama data pemilih meninggal.

Untuk data ganda, lanjut Ni’matullah memungkinan adanya data di DPT tetapi ganda, baik di antara kabupaten, kecamatan dan TPS.

BACA :  Karyawan PT Satya Mitra Kemas Lestari Harus Mengalami Peristiwa Mengerikan Gara-gara Tali ID Card

“Untuk data ganda kami sedang eksekusi, sedang dicermati. Kalau ganda, benar enggak itu ganda dengan DPT kita, ini masih proses,” ucap dia.

Sedangkan untuk data tidak padan, berdasarkan hasil sampling ditemukan banyak nama sama namun NIK berbeda, dan pemilih yang melakukan pergantian identitas.

“Kami berikan beberapa data ke Disdukcapil untuk nanti kita gunakan, tapi tidak semua hanya dari sampling itu saja,” ujarnya.

Hasil dari pencermatan data yang dilakukan oleh KPU Lebak akan dilaporkan kembali ke KPU RI.

“KPU Lebak menunggu instruksi dari KPU RI dari hasil pencermatan yang sudah dilakukan,” katanya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler