Connect with us

Berita Terbaru

Jangan Hanya Seremonial! Zaki Ingin Festival UMKM Bisa Bimbing Pelaku Usaha Kreatif, Inovatif dan Produtif

Published

on

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat menghadiri Festival UMKM 2022 di The Breeze BSD City, Jumat, 30 September 2022. Zaki ingin festival tersebut tidak hanya seremonial tapi mampu membimbing para pelaku UMKM jadi kreatif, inovatif dan produktif.(FOTO: tangerangkab.go.id)

Tangerang – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memberikan pesan tegas saat menghadiri Festival UMKM Sinar Mas Land yang digelar di The Breeze BSD City, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Jumat, 30 September 2022.

“Saya berharap nanti acara ini bisa kita lakukan secara berkala dan secara reguler. Dan tentu saja tidak semata-mata hanya untuk sekedar kegiatan sekali saja dan hanya show case saja, maupun kegiatan seremonial belakang. Tapi benar-benar bisa membantu membimbing para UMKM kita menuju UMKM yang kreatif inovatif dan juga produktif,” kata Zaki seperti dilansir laman resmi Pemkab Tangerang.

BACA :  Tiga Koper Dokumen Penting di Kantor BPRSCM Disita; Kejaksaan Khawatir Ada Tindakan Ini

Zaki juga sangat menyambut baik dan mengapresiasi kepada seluruh pihak, khususnya Sinar Mas Land yang telah menyelenggarkan kegiatan Festival UMKM dalam rangka meningkatkan daya saing baik pelaku usaha maupun produk-produknya di pasar global.

“Semoga ini bisa menjadi awalan yang baik untuk menarik minat konsumen dan masyarakat secara luas dan bersama-sama meningkatkan daya tarik dan juga daya saing produk-produk lokal kita agar bisa bersaing dalam pasar konvensional secara luas dengan kualitas yang baik,” harapnya.

Menurut Zaki, kegiatan Festival UMKM tersebut juga merupakan bagian dari ikhtiar bersama dalam rangka mewujudkan kolaborasi UMKM menuju Indonesia yang pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dalam video sambutannya mengatakan, melalui festival UMKM SML Center diharapkan mampu memberdayakan pelaku ekonomi baik UMKM secara umum maupun disabilitas untuk bisa tumbuh dan bangkit kembali setelah masa pandemi.

BACA :  Hoaks Lebih Dipercaya ketimbang Karya Jurnalistik, Wartawan Pandeglang Ajak Pemkab Sama-sama Edukasi Warga

“Saya berharap melalui kegiatan festival dan kolaborasi UMK menuju Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat ini mampu mengangkat para pelaku UMKM mengambil peran dalam pemulihan ekonomi nasional,” ungkap Teten.

Teten juga menjelaskan beberapa poin agar UMKM tangguh di tengah pandemi di antaranya adalah memiliki kemampuan digital, memiliki sumber daya manusia yang baik dan kreativitas yang tinggi. Dia melanjutkan saat ini sudah ada 19,95 juta warga yang terdata melalui pengembangan kewirausaha nasional. Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan 1 juta wirausaha bisa menginisiasi hingga intervensitif untuk mengakselerasi transformasi digital.

Dony Martadisata selaku Managing Director President Office Sinar Mas Land mengungkapkan kegiatan Festival UMKM Sinar Mas Land Tahun 2022 tersebut juga merupakan peringatan Hari UMKM Nasional dan Hari Koperasi yang jatuh setiap tanggal 12 Agustus dengan mengangkat tema kolaborasi UMKM menuju Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat.

BACA :  Peringkat Banten Terus Merosot di PON XX Papua

Dia menambahkan kegiatan tersebut juga merupakan suatu bentuk komitmen perusahaan untuk ikut berpartisipasi aktif dalam melakukan pemberdayaan ekonomi, baik dengan melakukan pendampingan bagi para pelaku UMKM umum maupun UMKM disabilitas.

“Hari ini kita bisa menikmati rangkaian acara festival UMKM yang menghadirkan 26 UMKM binaan dan 50 peserta UMKM disabilitas,” jelas Dony.



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler