Pasangan Polisi dan Dokter di Tasikmalaya Ini Jadi yang Pertama Nikah Langsung Dapat Tiga Dokumen

Date:

Pasangan Polisi dan Dokter di Tasikmalaya jadi yang pertama nikah langsung dapat tiga dokumen yakni buku nikah, e-KTP dan Kartu keluarga dengan status sudah berubah jadi Menikah. FOTO ILUSTRASI: Kepala Desa Situ Gadung, Aca Achmanudin menandatangi buku nikah saat menjadi saksi pernikahan Diah Farida Sari, anak Mamat Bachtiar yang paling besar dari istri keduanya, Elly R binti Adang Wikarta. (Istimewa)

Berita Tasikmalaya – Pernikahan pasangan polisi dan dokter di Kota Tasikmalaya in yakni Briptu M Ikbal Prasetyo dan dr Selma Hanifa bisa terbilang spesial.

Pasalnya, mereka menjadi pasangan pertama di Tasikmalaya yang menikah langsung mendapatkan tiga dokumen sekaligus, yakni Buku Nikah, e KTP digital, dan Kartu Keluarga dengan status yang sudah berubah dari lajang menjadi menikah.

Hal itu terjadi setelah Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tasikmalaya meluncurkan program inovasi Pasangan Suami Istri (Pasutri).

Dikutip BantenHits.com dari Kabar Priangan, pernikahan pasangan polisi dan dokter ini digelar di Graha Asia Plaza, Jalan HZ Mustofa, Kota Tasikmalaya, Minggu 11 Desember 2022.

Tanpa Biaya Tambahan

Launching program Pasutri dilakukan langsung Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah.

Acara turut disaksikan di antaranya General Manager News tvOne H Ecep Suwardani Yasa, Anggota DPR RI Dedi Mulyadi, Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata, Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya, dan Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih.

Selain itu Kadisdukcapil Kota Tasikmalaya H Imih Misbahul Munir, Kepala Kemenag Kota Tasikmalaya HM Ali Abdul Latief, serta para undangan lainnya.

Menurut Cheka, Pasutri merupakan komitmen dan upaya Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk memudahkan, mendekatkan, serta mempercepat pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat.

“Jadi, mulai saat ini, pasangan yang menikah bisa langsung memiliki tiga dokumen kependudukan tanpa ada biaya tambahan,” kata Cheka seusai peluncuran program itu.

Cheka mengaku akan berupaya terus mendorong peningkatan seluruh pelayanan publik di Kota Tasikmalaya secepatnya.

“Tentunya sepanjang regulasi memungkinkan untuk dilakukan,” ujarnya.

Kepala Disdukcapil Kota Tasikmalaya H Imih Misbahul Munir menyebutkan, program ini merupakan pemberian dokumen secara terintegrasi dengan Kementerian Agama dalam hal ini kantor urusan agama (KUA).

Program ini pula, sambung Imih, memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan.

“Karena setelah menikah secara otomatis akan terlayani untuk memiliki tiga dokumen sekaligus,” ucap Imih.

Kepala Kemenag Kota Tasikmalaya HM Ali Abdul Latief, MAg, menyampaikan apresiasi atas terobosan integrasi data kependudukan dan catatan pernikahan.

Sebelumnya pasangan yang baru melaksanakan pernikahan, status di KK atau di KTP-nya belum berubah.

“Seiring terjadinya ijab kabul maka status hukum pasangan yang menikah sudah berubah, jadi program ini benar-benar bagus dan layak diapresiasi,” ujarnya.

Sementara itu orangtua Selma, Dr H Undang Sudrajat dan Hj Dwi Estriningrum, MPd, mengatakan merasa terhormat dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tasikmalaya dan Kemenag Kota Tasikmalaya yang telah memfasilitasi program percepatan administrasi kependudukan tersebut.

Sumber: Kabar Priangan

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...