Pemkot Tangerang Gratiskan Pemeriksaan USG, Puskesmas Cipondoh Sehari Layani 30 Ibu Hamil

Date:

Ibu hamil di Kota Tangerang sedang menjalani pemeriksaan USG gratis di Puskesmas Cipondoh. Pemkot Tangerang melalui Dinkes Kota Tangerang menggratiskan pemeriksaan USG untuk ibu hamil di Kota Tangerang. Berkat program ini, Puskesmas Cipondoh dalam sehari bisa melayani 30 ibu hamil. (BantenHits.com/ Hendra Wibisana/ Istimewa)

Berita Kota Tangerang – Kabar baik untuk para ibu hamil di Kota Tangerang. Kini, ibu hamil yang ingin memeriksa kandungannya dapet mendatangi Puskesmas terdekat.

Jangan khawatirkan soal biaya! Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) memberikan layanan Ultrasonografi atau USG secara gratis di 10 puskesmas. Hal tersebut dilakukan dalam meningkatkan layanan kesehatan masyarakat Kota Tangerang.

Seperti yang dilakukan salah satu Puskesmas di Cipondoh yang membuka layanan Antenatal Care (ANC) ibu hamil setiap Senin, Kamis dan Sabtu, setiap pukul 08.00 hingga 11.00 WIB.

Kepala Puskesmas Cipondoh, dr Rizky Adiarti mengatakan, layanan USG gratis ini dapat dimanfaatkan para ibu hamil di wilayah Puskesmas Cipondoh, yaitu dua kali selama masa kehamilannya.

“Aturan ini, tentu sesuai dengan aturan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di fasilitas kesehatan pertama, yaitu puskesmas. Tak perlu ragu, karena USG dilakukan oleh dokter spesialis kandungan, untuk mendeteksi dini risiko kesehatan ibu dan bayi,” ungkap Rizky, Kamis 9 Febuari 2023.

Selain itu, Rizky juga menyampaikan jika puskesmas atau faskes pertama belum memiliki layanan USG, maka akan diberikan surat rujukan ke puskesmas yang memiliki layanan tersebut. Sehingga ibu hamil tetap dapat menikmati pemeriksaan USG secara gratis.

“Antusiasnya sejauh ini cukup luar biasa, sehari bisa melayani 30 ibu hamil. Alhamdulillah ibu hamil sudah kian sadar bahwa USG itu penting, untuk mengetahui dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada janin dalam kandungan. Jadi, ayo masyarakat Kota Tangerang khususnya wilayah Cipondoh untuk tidak ragu memanfaatkan layanan gratis ini,” jelasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...