Relawan Penanggulangan Bencana di Lebak Dilatih Vertical Rescue

Date:

Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan pelatihan vertical Rescue di Bogor, Jawa Barat. (Istimewa)

Berita Lebak– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak menggelar pelatihan Vertical Rescue, Rabu, 15 Februari 2023. Pesertanya para relawan di Bumi Multatuli.

Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama mengatakan pelatihan vertical rescue dilakukan untuk meningkatkan kapasitas para relawan dalam melakukan evakuasi korban di ketinggian pada wilayah Kabupaten Lebak.

Vertical rescue merupakan penyelamatan yang dilakukan di lokasi yang berhubungan dengan ketinggian dan membutuhkan kemampuan serta formasi teknik tertentu,”kata Febby dalam siaran pers yang diterima Bantenhits, Kamis, 16 Februari 2023.

“Pelatihan ini memperkenalkan relawan mengenai teknik penanganan bencana vertical rescue, dan bagaimana cara menggunakan alat-alatnya,”tambah dia.

Sementara Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya menyebut pelatihan vertical rescue penting dilakukan mengingat Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) tahun 2022 Kabupaten Lebak.

Di mana, lanjut Iti, Lebak diklasifikasikan sebagai daerah dengan tingkat ancaman bencana tinggi dengan kontur wilayah yang didominasi perbukitan dan daerah aliran sungai sehingga dapat membantu kesiapsiagaan penanganan bencana.

“Pelatihan ini penting untuk meningkatkan kompetensi relawan tangguh kita dalam menanggulangi bencana,”kata Iti dalam sambutannya.

Iti juga meminta agar para relawan untuk kompak dan cekatan dalam menanggulangi bencana.

“Yang perlu disiapkan dan diperhatikan adalah kemampuan tim yang cekatan, kekompakan tim, serta diperlukan keberanian baik dalam menangani korban maupun menghadapi ketinggian untuk penyelamatan. Jadilah rescuer team yang tangguh,”sambungnya.

Hadir dalam acara Asda II Bidang Ekonomi Pembangunan Kabupaten Lebak, Ajis Suhendi, Kabag Administrasi Pembangunan Setda Lebak, Wahyu Hidayat.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Authors

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related