Petani Terdampak Gagal Panen di Kabupaten Tangerang Dapat Bantuan Sapi Gemuk dan Benih Padi Plus Pupuk

Date:

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat memberikan bantuan kepada petani terdampak gagal panen di Kabupaten Tangerang, Jumat, 17 Februari 2023. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Kabupaten Tangerang – Pemerintah Kabupaten Tangerang memberikan bantuan bagi sejumlah petani terdampak gagal panen di Kabupaten Tangerang. Data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang menyebutkan, 264 petani dari 7 wilayah kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang mengalami gagal panen.

Total wilayah tanam yang terdampak langsung gagal panen di Kabupaten Tangerang ini berjumlah sekitar 113 Hektar.

Bantuan yang diberikan untuk petani gagal panen berupa tiga ekor sapi, benih padi dan pupuk. Penyerahan bantuan oleh Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar dirangkaikan dengan Kickoff Pelaksanaan Vaksinasi Lumpy Skin Disease (LSD) pada ternak sapi di Kantor UPT Pertanian Curug, Jumat, 17 Februari 2023.

Zaki mengatakan acara tersebut merupakan komitmen nyata pemerintah kepada masyarakat Kabupaten Tangerang, khususnya masyarakat desa yang terkena dampak puso (gagal panen), sekaligus antisipasi penyakit LSD.

“Ini kami lakukan, semata-mata menyadari bahwa sektor pertanian yang berkelanjutan dan peternakan merupakan hal mendasar yang harus dilakukan. Selain untuk memenuhi kebutuhan pangan, memperluas lapangan kerja dan lapangan berusaha, juga untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan,” jelas Zaki dilansir laman resmi.

Zaki menambahkan, pemberian bantuan benih padi dan bantuan ternak sapi dari Dinas Pertanian Provinsi Banten dan juga UPTD Produksi Benih Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang serta Kickoff Pelaksanaan Vaksinasi Lumpy Skin Disease (LSD) pada ternak sapi tahun 2023, patut disyukuri bersama.

Menurutnya, kegiatan tersebut membantu meringankan beban petani dan peternak di Kabupaten Tangerang.

“Saya ucapkan terima kasih kepada unsur yang terlibat dalam penyerahan bantuan ini. Semoga nantinya makin banyak para stakeholder lainnya juga mengikuti hal serupa, lebih peduli terhadap para petani dan para peternak kita di Kabupaten Tangerang,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Asep Jatmika mengatakan kondisi cuaca yang tidak bisa diprediksi sangat berdampak terhadap sektor pertanian.

“Oleh karena hal tersebut, Bupati Zaki memberi bantuan pupuk bersubsidi berupa Pupuk Urea 10.208 Kg, Pupuk NPK Phonska 11.755 Kg), Pupuk Organik 640 Kg,” jelas Asep.

Sejmlah stakeholder lainnya yang terlibat dalam pemberian bantuan di antaranya Dinas Pertanian Banten dan Kabupaten Tangerang, Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang, Kementerian Pertanian dan PT TUM, memberikan bantuan bagi sejumlah petani terdampak gagal panen di Kabupaten Tangerang.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...