Ancaman Banjir di Depan Mata, Penampakan Kali Sipon Dipenuhi Sampah Ini Bikin Ngelus Dada

Date:

Saat ancaman banjir sudah di depan mata, penampakan Kali Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang yang dipenuhi sampah benar-benar bikin ngelus dada. Padahal petugas lintas dinas di Kota Tangerang sudah bersiaga siang malam. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Kota Tangerang – Hujan deras sejak Minggu malam, 26 Februari 2023 sampai Senin pagi, 27 Februari 2023 membuat seluruh dinas terkait di Kota Tangerang bersiaga. Tak terkecuali Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

“Sejak malam, ratusan petugas DPUPR pun langsung diturunkan untuk melalukan antisipasi penanganan pencegahan banjir,” kata Kepala DPUPR, Ruta Ireng Wicaksono, Senin, 27 Februari 2023 melalui keterangan resmi.

Petugas yang melakukan langkah-langkah antisipasi, mendapati Kali Sipon yang ada di Kecamatan Cipondoh dipenuhi sampah.

Kesadaran Warga Lebih Penting

Ruta menyatakan, petugas PUPR maupun gabungan OPD lainnya, dipastikan akan selalu siaga mengantisipasi banjir.

Namun, kata Rita, apa yang dilakukan jajaran Pemkot Tangerang sepanjang siang malam, tentunya membutuhkan kerjasama semua pihak terutama masyarakat.

Masyarakat itu sendiri yang harus lebih siap bersiaga menjaga lingkungannya dari tumpukan sampah, yang menghambat aliran air saat hujan.

“Dengan semua penanganan akan tetap kurang, saat masyarakat tidak peduli akan kebersihan dan kesehatan lingkungannya sendiri,” ucapnya.

“Dengan itu, ayo kita sama-sama bekerja untuk menjaga lingkungan kita dari genangan atau banjir, dengan buang sampah pada tempatnya, rutin gotong royong membersihkan drainase, gorong-gorong, hingga kesiapan pompa air yang tersedia,” imbaunya.

Normalisasi Saluran

Menurut Ruta, DPUPR Kota Tangerang telah bergegas melakukan normalisasi sungai, saluran atau embung di 13 lokasi sepanjang 61,84 kilometer.

Selain itu, DPUPR juga memastikan 27 pintu air dalam kondisi baik, begitu juga dengan pengoperasional 65 pompa banjir yang siap diaktifkan saat genangan naik menjadi banjir.

“Petugas gabungan juga diturunkan untuk menormalisasi drainase yang tersumbat sampah dan endapan lumpur. Tercatat pemeliharaan drainase dilakukan di 996 ruas dengan panjang 200,6 kilometer,” ungkapnya.

Diketahui, Pemkot Tangerang melalui DPUPR juga telah melakukan pemeliharaan turap di 29 lokasi sepanjang 2,3 kilometer.

Tak terkecuali, jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang siaga sejak malam melakukan penanganan pohon tumbang di sejumlah ruas jalan Kota Tangerang.

“Bagi para pengendara, jika sedang hujan deras disertai angin kencang diimbau untuk berteduh di tempat yang aman. Tidak berteduh di bawah pohon, reklame, atau tiang-tiang yang berpotensi rubuh,” imbaunya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...