Kota Tangerang Pemkot Terbaik Versi KPK, Bukti Setiap Rupiah yang Dianggarkan untuk Kesejahteraan Warga

Date:

Pemerintah Kota Tangerang dinobatkan KPK sebagai Pemerintah Kota Terbaik dalam pencegahan korupsi. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK memberikan Penghargaan Koordinasi dan Supervisi Pemberantasan Korupsi Tahun 2023 kepada Pemerintah Kota Tangerang untuk kategori Pemerintah Kota Terbaik dalam Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Bidang Pencegahan.

Kota Tangerang berhasil meraih capaian Monitoring Center for Prevention (MCP) tertinggi di antara seluruh kota se-Indonesia yakni 88,56 dengan Sertifikat Badan Milik Daerah (BMD) terbanyak yakni 322 bidang.

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) Memed Chumaidi menilai, penghargaan tersebut menjadi bukti Pemkot Tangerang memiliki komitmen terhdap pemberantasan korupsi.

“Dengan itu, penghargaan ini luar biasa. Penghargaan tersebut jadi bukti Kota Tangerang punya komitmen yang luar biasa terhadap pemberantasan anti korupsi di Kota Tangerang. Baik itu, pimpinan daerahnya, pegawainya, pengguna layanannya, mitra kerjasamanya,” ungkap Memed, Selasa, 12 Desember 2023 dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkot Tangerang.

“Sehingga, lewat penghargaan ini juga bisa dilihat setiap rupiah yang dianggarkan memang benar-benar ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat Kota Tangerang,” sambungnya.

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) Memed Chumaidi. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Dalam memberikan penghargaan ini, lanjutnya, KPK pastinya memiliki sejumlah indikator. Seperti, penilaian integritas seluruh pihak, indeks perilaku anti korupsi dan indeks persepsi korupsi dan banyak lainnya.

“KPK jugas memiliki tim khusus untuk melakukan survei ini, karena memang bukan penghargaan main-main. Dengan itu, pasca penghargaan ini Kota Tangerang harus mampu menjaga realitasnya dari penghargaan ini, jangan malah sebaliknya,” tegasnya.

Ia pun menanggapi penghargaan Kota Sangat Inovatif yang diraih Kota Tangerang dari Kemendagri dalam acara Innovative Government Award 2023.

“Tidak heran dengan penghargaan ini untuk Kota Tangerang, karena memang begitu banyak inovasi yang diberikan Pemkot Tangerang dalam segala sektor pelayanan,” kata Memed.

Lanjutnya, salah satu inovasi yang tidak ada habisnya pada bidang Kesehatan dengan berbagai program yang dihadirkan.

“Layanan kesehatan yang paling eksis di Kota Tangerang yaitu BPJS Kesehatan masyarakat yang dibayarkan Pemkot Tangerang. Biaya kuliah dan sekolah swasta gratis itu juga inovasi yang luar biasa buat saya,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...